[SALAH] Video Gempa di Gresik Jawa Timur

Hasil periksa fakta Rahmah.

Faktanya klaim pada video tersebut sampai detik ke 13 tidak terkait pada gempa di Pulau Bawean, Gresik (22/03/24).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Kategori: Konteks yang salah
NARASI:
“GEMPA DI GRESIK JAWA TIMUR”

Sumber: Snack

https://ghostarchive.org/archive/dZoC4

PENJELASAN:
Beredar video berdurasi 31 detik yang dibagikan oleh akun Snack mengklaim video gempa tersebut terjadi di Kota Gresik. Video yang diunggah pada 22 Maret tersebut menunjukkan keadaan pasca gempa dimana ruas jalan terbelah, bangunan roboh akibat gempa berkekuatan 6.0 SR.

Faktanya klaim pada video tersebut keliru. Video yang beredar merupakan gabungan dari video lokasi kejadian gempa yang berbeda. Pada 13 detik pertama adalah gempa Cianjur pada tahun 2022. Akun Instagram BMKG Juanda mengklarifikasi juga bahwa video tersbut hoaks dan tidak terkait dengan gempa yang terjadi di Pulau Bawean, Gresik.

Namun pada detik ke 14 ke atas, benar terjadi kerusakan bangunan masjid yang terjadi di Kecamatan Sangkapura Bawean, Gresik akibat gempa, video dapat dilihat pada akun Instagram radargresik.id. Sebagai tambahan melansir dari CNN, BMKG mencatat telah terjadi 110 Gempa di utara perairan Tuban dan sekitar Pulau Bawean hingga 23.04 Jumat malam. Variasi gempa terkecil yaitu 2,7 magnitudo dan variasi terbesar yaitu 6,5 magnitudo.

Klaim video gempa terjadi di Gresik adalah keliru sehingga termasuk konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.sapanusa.id/politik-pemerintahan/30302672/beredar-di-medsos-dampak-gempa-di-pulau-bawean-yang-parah-bmkg-sebut-hoax

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240323042918-20-1077974/bmkg-catat-110-gempa-tuban-bawean-hingga-jumat-malam

https://www.instagram.com/reel/C4z_7isvqUn/?igsh=MnU5aGV2cGZoZTBo

[SALAH] Video dampak bencana gempa di Tuban Jawa Timur