[SALAH] Uang 5 Juta dari Prabowo dalam Rangka Ramadhan 2024

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Prabowo Subianto memberikan uang 5 juta untuk siapa saja yang berpuasa di Ramadhan tahun 2024 ini, akun yang mengatasnamakan Prabowo tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/szbNE

===========

[NARASI]: “Alhamdulillah seluruh pengguna tiktok bapak/ibu sekalian semua rakyat ku „special ramadhan 2024 saya bagikan uang 5.000.000 untuk kalian selama berpuasa”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan Prabowo Subianto mengunggah video yang berisi narasi bahwa ia akan memberikan bantuan uang sebesar 5 juta rupiah bagi yang berpuasa Ramadhan.

Sebelumnya di turnbackhoax.id juga sudah sering membahas isu serupa mengenai akun bodong yang mengaku sebagai Prabowo Subianto sedang memberikan uang tunai secara cuma-cuma di Tiktok.

Sebagaimana temuan sebelumnya, di temuan kali ini jika kita cek deskripsi akun pengunggah video tersebut maka kita akan menemukan sebuah link Whatsapp yang tertera pada bio akun. Link yang mengarahkan ke Whatsapp tersebut dapat dicurigai sebagai modus untuk melakukan penipuan.

Sejauh ini sosial media resmi yang diketahui milik Prabowo Subianto adalah Instagram, Twitter, dan Facebook, ketiga akun di platform yang berbeda tersebut juga sudah mendapat verifikasi centang biru yang menandakan bahwa akun tersebut memang benar dimiliki oleh Prabowo.

===========

 [REFERENSI] :

https://twitter.com/prabowo

https://www.facebook.com/PrabowoSubianto

https://www.instagram.com/prabowo/