[SALAH] Mahfud MD: Jokowi antara mati di penjara, 10 tahun merusak negara, Penjara seumur hidup, atau digantung

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya dalam video yang disertakan, Mahfud MD tidak sedang berkomentar mengenai Jokowi, melainkan mengenai kasus Ferdy Sambo. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
“Mahfud MD: Jokowi antara mati di penjara, 10 tahun merusak negara, Penjara seumur hidup, atau digantung”

Sumber: https://vt.tiktok.com/ZSFHg768W/  (https://archive.md/i4K2O  arsip)


==========================

PENJELASAN:
Sebuah akun Tiktok dengan nama @naim.Harun pada 21 Maret membagikan sebuah video yang menampilkan cuplikan Mahfud MD berkomentar dalam sebuah talkshow.

“Saya menduga dia akan meninggal di penjara. Keyakinan saya tidak akan dihukum mati dia. Kenapa? Karena nanti kalau dia itu sudah 10 tahun, itukan hukum pidana yang baru sudah berlakuuntuk turun ke hukuman seumur hidup. Tetapi bahwa hukumannya yang mati, itu penting sebagai bukti formal bahwa pelaksanaannya nanti berubah karena  mungkin banding mempertimbangkan lain, kasasi mempertimbangkan lain, atau pada saat sepuluh tahun dia kelakuannya baik lalu diturunkan jadi seumur hidup, memang itu bunyinya di pasal 100-103 UU KUHP yang baru, dan itu masih akan berlaku 3 tahun mendatang. Hukumannya hukuman mati, tapi tidak akan dieksekusi. Saya menduga dia akan meninggal di penjara.”

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa video tersebut merupakan cuplikan dari tayangan Kick Andy pada 20 Februari 2023 dengan judul “Rasa Keadilan Saya Menolak Untuk Diam Terhadap Kasus Ferdy Sambo,” yang diambil pada menit ke 09.20-10.20.

Pernyataan Mahfud MD tersebut menjawab pertanyaan Andy F Noya terkait kemungkinan Sambo tidak dihukum mati karena berpeluang mengajukan banding dan kasasi. Sehingga, Mahfud MD menjawab seperti pada cuplikan video yang beredar.

Dengan demikian, klaim pada narasi yang menyebutkan bahwa Jokowi akan mati di penjara, tidak benar.
========================

REFERENSI:


(1) https://youtu.be/cfrBaE5GnNE?si=N772I3c1pTwTL1MD