[SALAH] Tentara Cina Sudah Berani Bentak TNI

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video yang diklaim bahwa tentara Cina sudah berani membentak TNI tidaklah benar. Video tersebut tidak ada kaitannya dengan tentara Cina. Dari hasil penelusuran, video yang sebenarnya adalah cekcok antara TNI, Brimob Polri, dan warga di tambang emas ilegal, di Gampong Bangkeh, Aceh. Dalam kejadian ini, sempat terjadi kesalahpahaman antara TNI dan Brimob sehingga menimbulkan cekcok.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/rno1j

====
[NARASI] ” gimana kalo sudah seperti ini,, tentara cina saja sudah berani membentak TNI,, Kalimantan nih bos”

====
[PENJELASAN]
Sebuah video yang beredar di Tiktok mengklaim bahwa tentara Cina sudah berani membentak TNI. Dalam video ini terlihat orang-orang berkerumun dan diketahui ada anggota TNI yang bersitegang dengan seseorang berseragam hitam.

Setelah ditelusuri ternyata video ini tidak sesuai dengan narasi yang disertakan. Dalam video tersebut, tidak terlihat tentara Cina satu orangpun. Berdasarkan penelusuran, video tersebut adalah cekcok antara anggota TNI dan Brimob Polri dengan warga di tambang emas ilegal di Gampong Bangkeh, Aceh beberapa waktu lalu. Dilansir dari Merdeka. com, peristiwa ini terjadi karena kesalahpahaman antara TNI dan Brimob. Beberapa personel Brimob mengira warga meminta TNI untuk turut menghadang dalam penindakan hukum tambang emas ilegal di wilayah tersebut. Padahal, TNI dikerahkan untuk membantu menenangkan warga agar tidak bentrok. Sehingga adanya kesalahpahaman tersebut menyebabkan sejumlah petugas TNI dan Brimob saling adu mulut bahkan saling dorong.

Namun, setelah dilakukan pembicaraan dan dijelaskan, akhirnya situasi dapat mereda dan warga membubarkan diri.
Dengan demikian, video yang diklaim bahwa tentara Cina sudah berani kepada TNI tidaklah benar. Video ini tidak ada kaitannya dengan tentara Cina sama sekali.

====
[REFERENSI]
https://www.merdeka.com/trending/tni-vs-brimob-bentrok-di-tambang-emas-ilegal-ini-penyebab-dan-fakta-sebenarnya.html

https://turnbackhoax.id/2022/07/09/salah-video-tentara-cina-sdh-mulai-beraksi-kang-sdh-berani-melawan-tentara-kita/

https://turnbackhoax.id/2022/12/24/salah-tentara-cina-mulai-beraksi-dan-berani-melawan-tentara-indonesia/