[SALAH] Foto Jenderal Havery Skidder, Tentara Amerika yang Tewas oleh Hamas

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto tersebut adalah Ryan Brummond yang diambil pada saat dirinya di Afghanistan pada 2013. Hingga saat ini Amerika belum pernah mengirimkan pasukan ke wilayah Gaza selama konflik antara Palestina dengan Israel sejak konflik dimulai pada 7 Oktober 2023 hingga sekarang.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Weibo

https://archive.is/U2gTS

= = =

Narasi:

“Hamas membunuh sekelompok jenderal Amerika Havery Skidder dan bawahannya (Pasukan Khusus Pasukan Delta) di Khannius, ketika mereka melakukan operasi gabungan “ Israel ”.

Skid dikenal karena kepemimpinannya yang terampil dalam pasukan khusus dan memiliki beberapa prestasi luar biasa dalam perang di Afghanistan dan Irak.#巴 Konflik Israel##Israel##Palestina#”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah foto di internet yang terlihat seperti tantara diklaim merupakan Jenderal Amerika Bernama Havery Skidder yang dibunuh oleh Hamas, disebutkan juga bahwa dirinya bersama bawahannya yang tergabung dalam Pasukan Delta AS sedang melakukan operasi gabungan dengan Israel.

Namun setelah ditelusuri foto tersebut adalah Ryan Brummond yang diambil pada saat dirinya di Afghanistan pada 2013, melalui AFP Ryan mengkonfirmasi bahwa dirinya belum pernah ke Gaza. AFP menyebut bahwa belum ada pemberitaan valid yang mengabarkan bahwa Jenderal Amerika Bernama Havery Skidder tewas dibunuh oleh militan Hamas di Gaza.

Dilansir dari Full Fact, bahwa saat ini tidak ada operasi gabungan Israel-Amerika selama konflik antara Palestina dan Israel yang telah berlangsung sejak 7 Oktober 2023 hingga sekarang. Sehingga dapat dipastikan tidak ada pasukan militer yang sedang bertugas di Gaza.

Dengan demikian, foto Jenderal Amerika yang dibunuh Hamas adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KE7VJ

https://fullfact.org/online/american-general-not-killed-hamas-ambush-gaza/

https://misbar.com/en/factcheck/2024/02/13/this-picture-does-not-depict-american-general-harvey-skidder-who-was-killed-in-khan-younis

= = =