[SALAH] JENDRAL INGGRIS ALEXANDER EMMANUEL TEWAS DI GAZA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait Jendral Inggris bernama Alexander Emmanuel yang tewas di Gaza. Pria dalam foto tersebut adalah Kopral John Horn seorang operator tank Scots Dragoon Guard, bagian dari resimen Kavaleri tentara Inggris.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1707286453.525397/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
(Dalam bahasa Indonesia)

Karma
Kejutan besar di London dan Tel Aviv
Jenderal Inggris Alexander Emmanuel, pemimpin batalion “Claw” yang berpartisipasi dalam perang Gaza, tewas. Alexander adalah pahlawan perang Irak dan anggota batalion yang menangkap Presiden Saddam Hussein.

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah foto dari akun facebook bernama Alexandrina Braithwaite yang menampilkan seorang pria sedang duduk di atas tank menggunakan seragam militer dengan narasi yang menyatakan bahwa pria tersebut adalah Alexander Emmanuel seorang jenderal Inggris yang tewas di Gaza.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan foto identik yang menampilkan sosok pria tersebut bersama seorang perempuan dari situs stock foto alamy.com.

Dalam foto aslinya terdapat keterangan yang menyebutkan bahwa pria tersebut adalah Kopral John Horn, seorang operator tank dari Royal Scots Dragoon Guards, yang merupakan bagian dari resimen kavaleri tentara Inggris bersama tunangannya Laura Mcgee berfoto di Barak Wessex di Bad Fallingbostel, Jerman, setelah John kembali dari Irak.

Foto tersebut diambil pada 12 Desember 2008.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Jendral Inggris Alexander Emmanuel tewas di Gaza tidak terbukti dan termasuk kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/30/180800882/-hoaks-jenderal-inggris-alexander-emmanuel-tewas-di-gaza#google_vignette

https://www.alamy.com/stock-photo-corporal-john-horn-an-operator-on-a-challenger-tank-from-the-royal-110261542.html?utm_source=77643&utm_campaign=Shop%20Royalty%20Free%20at%20Alamy&utm_medium=impact&irgwc=1
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jendral-inggris-alexander-emmanuel-tewas-di-gaza