[SALAH] Video Kecurangan Pemilu 2024: “BOCOR LAGI.. Ternyata data KPU 2024 sudah jadi”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video itu adalah hoaks berulang dari pemilu 2019, dan itu bukan video kecurangan pemungutan suara yang sudah ditentukan KPU, melainkan anggota KPU yang menyewa gudang untuk tempat tambahan menghitung hasil pemilu, tidak ada hubungannya dengan pemilu 2024 dan data yang direkayasa KPU.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/fHz5V

=====

Narasi:

“INI DATA KPU HASIL PEMILU 2024. Luar biasa, negeri ini memang sakti, pemungutan suara belum dilakukan, hasilnya sudah ditentukan?”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @AgusMul32723528 mengunggah video yang menunjukkan penemuan kotak suara di tempat yang tidak terdaftar atau tidak ditentukan oleh KPU. Pengguna Twitter tersebut menambahkan bahwa data tersebut sudah ditentukan sebelum hari pemilihan suara dilaksanakan. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 25 April 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut telah banyak beredar sejak 2019 lalu, salah satunya di kanal berita Indonesia, Kumparan. Melansir dari artikel Kumparan yang berjudul “Penjelasan KPU Makassar soal Video Kotak Suara yang ditaruh di Gudang”, penemuan kotak suara di gudang itu bukan merupakan suatu kecurangan, melainkan sebeuah gudang yang disewa karena kantor kecamatan tidak mampu menampung kotak sebanyak itu. Konfirmasi tersebut dinyatakan oleh Komisioner KPU Makassar 2019 lalu, Gunawan Mashar.

Selain itu, informasi serupa juga telah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Video “HARI INI Ditemukan oleh RELAWAN ANIES, di Makassar soal rencana curang Pemilu 2024” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @AgusMul32723528 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://kumparan.com/makassar-indeks/penjelasan-kpu-makassar-soal-video-kotak-suara-yang-ditaruh-di-gudang-1quUEkHqo5q


https://turnbackhoax.id/2024/02/10/salah-video-hari-ini-ditemukan-oleh-relawan-anies-di-makassar-soal-rencana-curang-pemilu-2024/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-kecurangan-pemilu-2024-bocor-lagi-ternyata-data-kpu-2024-sudah-jadi