[SALAH] Video “HARI INI Ditemukan oleh RELAWAN ANIES, di Makassar soal rencana curang Pemilu 2024”

Video tahun 2019 dan tidak terkait dengan Pemilu 2024. Gudang penyimpanan itu adalah gudang sewaan KPU karena gudang yang ada di kecamatan tidak bisa menampung kotak suara saat Pemilu 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter / X alfatih@ (twitter.com/alfatih212426) pada 10 Februari 2024 mengunggah sebuah video yang menampilkan dua orang pria, yang salah satunya menyebut bahwa kotak suara tersebut tidak bersegel yang seharusnya disimpan di kantor kecamatan, namun dibawa ke gudang tersebut dengan narasi:

“*HARI INI Ditemukan oleh RELAWAN ANIES, di Makassar soal rencana curang Pemilu 2024, tolong periksa KPU dan KPUD di kota-kota lainnya.* *Sebarkan agar akhirnya dipantau oleh masyarakat luas* Harap sebarkan ke WAG WAG AMIN.”

“Saya sekarang berada di satu tempat, di Makassar. Ini kotak-kotak suara tidak berada di kecamatan, dari TPS dibawa ke tempat ini yang tidak diketahui apa wewenangnya dan ini adalah kotak suara, bisa dilihat, datang dalam keadaan tidak tersegel, iya. Dan sangat memungkinkan tempat-tempat seperti ini masih sangat banyak di kota Makassar. Kecurangan ini harus dilawan Pak.” ucap laki-laki berpeci hitam yang merekam video tersebut.

Sumber: https://archive.ph/DjdBF (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai rencana curang Pemilu 2024 yang ditemukan oleh Relawan Anies di Kota Makassar pada 10 Februari 2024 merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, video itu merupakan video tahun 2019 dan tidak terkait dengan Pemilu 2024. Gudang penyimpanan itu adalah gudang sewaan KPU karena gudang yang ada di kecamatan tidak bisa menampung kotak suara saat Pemilu 2019.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com pada April 2019, lelaki di video itu bernama Muhammad Ikhwan Jalil. Dia merupakan ketua Komando Oelama untuk Pemenangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno Kopasandi). Dia menyebut ratusan kotak surat suara itu ditemukan di Gedung Yayasan Kekeluargaan Masyarakat Jawa yang terletak di Jalan Andi Pangeran Pettarani III, Kecamatan Panakukang, Makassar, Sulawesi Selatan. Beberapa kotak suara itu ditemukan tidak tersegel.

Menanggapi video tersebut, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Makassar saat itu, Gunawan Mashar menjelaskan bahwa gedung yang digunakan tersebut merupakan sewaan dari PPK karena di kantor kecamatan tidak mampu menampung semua logistik pemilu saat ini. Ia mengatakan karena pilpres bersamaan dengan pemilihan caleg DPR RI hingga DPRD kabupaten/kota, logistik pemilu pun ikut bertambah.

“Itu gedung disewa PPK, karena tidak ada lagi gudang di kecamatan yang bisa menampung logistik pemilu, apalagi saat ini semua serentak, tidak seperti pilkada lalu jadi semua bisa ditampung. Bahkan gedung KPU saja sudah tidak sanggup tampung semua,” ucap Gunawan saat diwawancara di kantor KPU Makassar, Kamis (18/4/2019).

Terkait adanya kotak suara yang tidak tersegel, Gunawan menyebut pihaknya telah menegur petugas PPK yang bersangkutan. Ia pun mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi untuk tidak lagi melakukan kelalaian seperti itu.

REFERENSI
https://regional.kompas.com/read/2019/04/18/17431861/kotak-suara-tak-tersegel-di-makassar-kpu-akui-kelalaian-petugas-ppk
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2652/keliru-video-yang-diklaim-penemuan-gudang-kotak-suara-ganda-di-makassar-untuk-kecurangan-pemilu-2024

About Adi Syafitrah 1593 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo