[SALAH] ANIES NAIK 80 JUTA SUARA, KPU PUTUSKAN PRABOWO DAN GANJAR TIDAK LAYAK JADI PRESIDEN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut telah dimanipulasi sehingga perhitungan suara tidak sesuai dengan hasil perhitungan suara resmi dari KPU.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/F8TM-ZG7B (Youtube)

=======

[NARASI]:
Kenaikan makin terjadi !! Hingga pasangan Prabowo Ganjar di pastikan tak layak jadi presiden 2024

MENGEJUTKAN….
ANIES NAIK 80 JUTA SUARA
AKHIRNYA KPU PUTUSKAN PRABOWO DAN GANJAR TAK LAYAK JADI PRESIDEN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama GARUDA POLITIK dengan narasi yang menyatakan bahwa Anies Baswedan naik sebanyak 80 juta suara hingga KPU putuskan Prabowo dan Ganjar tidak layak menjadi presiden 2024.

Cuplikan awal video yang menampilkan seorang reporter memberitakan update hasil rekapitulasi pemilu 2024 dari data yang sudah masuk di serekap dengan perolehan suara Anies-Muhaimin 58.83%, Prabowo-Gibran 24.34%, Ganjar-Mahfud 16.83% tersebut merupakan hasil manipulasi.

Setelah ditelusuri, ditemukan video identik dari channel youtube tvOneNews berjudul “Update Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 | Kabar Siang tvOne” yang tayang pada 25 Februari 2024.

Dalam video aslinya, reporter tersebut memberitakan update hasil rekapitulasi pemilu 2024 dari data 76.60% suara yang sudah masuk di serekap dengan perolehan suara Prabowo-Gibran mendominasi dengan 58.83%, disusul Anies-Muhaimin 24.34% dan Ganjar-Mahfud 16.83%. Sehingga dapat dipastikan video cuplikan tersebut sudah di manipulasi.

Thumbnail yang menampilkan presenter wanita menganakan baju berwarna pink yang terdapat watermark MetroTV tersebut merujuk ke salah satu video yang diunggah oleh channel youtube resmi METROTV berjudul “Penghitugan Suara Resmi KPU 26 Februari 2024 Siang” yang tayang pada 26 Februari 2024.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Anies Baswedan naik sebanyak 80 juta suara hingga KPU putuskan Prabowo dan Ganjar tidak layak menjadi presiden 2024 adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=IdVhb9WC5Kw&ab_channel=tvOneNews

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-naik-80-juta-suara-kpu-putuskan-prabowo-dan-ganjar-tidak-layak-jadi-presiden