[SALAH] RIBUAN WARGA MADURA DAN JAWA TIMUR TURUN KE JALAN BOIKOT KAMPANYE PRABOWO-GIBRAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait ribuan warga Madura dan Jawa Timur turun ke jalan boikot kampanye Prabowo-Gibran. Selain itu thumbnail yang ditampilkan pada video tersebut merupakan hasil manipulasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1707228077.581179/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEMPAR !! RIBUAN WARGA JATIM & MADURA TURUN KE JALAN || TOLAK CAWAPRES BI4D4B

GEMPAR!!
TOLAK CAWAPRES BI4DAB
RIBUAN WARGA MADURA & TURUN KE JALAN BAIKOT KAMPANYE PRAGIB

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari cahnnel youtube bernama CATATAN ISTANA bernarasikan ribuan warga Madura dan Jawa Timur turun ke jalan untuk memboikot kampanye Prabowo-Gibran.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar. Selain itu, video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video dan gambar yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari siap.viva.co.id berjudul “Spanduk Tolak Gibran Bermunculan di Madura: Hina Mahfud Berarti Menghina Kita” yang dimuat pada 26 Januari 2024.

Artikel tersebut membahas spanduk bernarasikan penolakan Gibran terkait sikapnya saat melakoni debat cawapres yang dinilai merendahkan Mahfud MD. Spanduk tersebut tersebar di beberapa wilayah, seperti di Bangkalan Madura, Kota Malang, dan di Kabupaten Jember.

Bedasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan ribuan warga Madura dan Jawa Timur turun ke jalan boikot kampanye Prabowo-Gibran adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://siap.viva.co.id/news/4645-spanduk-tolak-gibran-bermunculan-di-madura-hina-mahfud-berarti-menghina-kita?page=all

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ribuan-warga-madura-dan-jawa-timur-turun-ke-jalan-boikot-kampanye-prabowo-gibran