[SALAH] Bobotoh dari Bandung sedang dalam perjalanan ke JIS

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya video yang digunakan merupakan dokumentasi situasi Bobotoh di Stasiun Cimekar, Bandung usai pertandingan Persib Bandung melawan Persis Solo pada 4 Februari 2024. Sehingga video tersebut tidak ada kaitannya dengan Kampanye Akbar 01 di JIS pada 10 Februari 2024.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah video di Whatsapp yang memperlihatkan rombongan Bobotoh sedang berdiri di sebuah stasiun kereta api sambil bersenandung.

Video tersebut disebarkan dengan narasi sebagai berikut:

“OTW JIS, Bobotoh”

“Para Bobotoh Bobotoh dari Bandung sedang dalam perjalanan ke JIS, guna menghadiri kumpul akbar besok untuk ikut berjuang dalam gerakan perubahan.

Dalam video terlihat ratusan bobotoh sedang berada di Stasiun Kereta Api.”


==========================

PENJELASAN:
Sebuah video yang menampilkan rombongan Bobotoh sedang berdiri di sebuah stasiun kereta api sambil bersenandung ramai disebarkan di Whatsapp. Video tersebut diklaim sebagai para Bobotoh yang akan melakukan perjalanan dari Bandung menuju JIS untuk mengikuti kampanye akbar 01.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa video tersebut tidak ada kaitannya dengan perjalanan Bobotoh menuju kampanye 01 di JIS. Video tersebut merupakan dokumentasi situasi Bobotoh di Stasiun Cimekar, Bandung usai pertandingan Persib Bandung melawan Persis Solo pada 4 Februari 2024.

Selain itu, penelusuran video identik di Youtube mengarahkan kepada unggahan oleh kanal Youtube Blue Heart pada 4 Februari 2024 dengan judul “Situasi Bobotoh di Stasiun Cimekar usai Laga Persib Bandung Vs Persis Solo #bobotoh #persib”

Dengan demikian, klaim narasi bahwa video tersebut terkait dengan perjalanan Bobotoh menuju kampanye akbar 01 di JIS, tidak benar.


========================

REFERENSI:
(1) https://youtu.be/0CWmVFd8aVI?si=CZk7NwKwUe6UeZgQ
(2) https://www.detik.com/jabar/foto/d-7176193/antusias-bobotoh-saksikan-laga-persib-vs-persis-solo
(3) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-bobotoh-dari-bandung-sedang-dalam-perjalanan-ke-jis