[SALAH] Ijazah Gibran Dinyatakan Palsu

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa ijazah Gibran dinyatakan palsu adalah konten yang menyesatkan. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=========
[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706344506.876331/index.html

=====
[NARASI]: “GEMPAR HARI INI || JEJAK DIGITAL GIBRAN DI BONGKAR KE ASLIANYA IJAZAH PALSU”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube “Saluran Politik” pada 12 Januari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa ijazah Gibran dinyatakan palsu. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Unggahan tersebut sama sekali tidak membahas sebagaimana klaim video. Dilansir dari suara.com, gambar dalam thumbnail identik dengan tim kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf Amin yang membawa bukti untuk menghadapi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di MK. Sehingga tidak ada hubungan dengan persoalan keaslian ijazah Gibran yang sedang dipertanyakan.

Setelah dilakukan penelusuran tidak ada bukti valid yang menyatakan bahwa ijazah Gibran palsu. Dilansir dari kominfo.id berita serupa pernah bereda di media sosial. Kominfo telah mengumumkan bahwasannya berita yang menyatakan Gibran memberikan ijazah palsu ke KPU adalah berita yang tidak benar dan tergolong dalam konten yang menyesatkan.
==========
[REFERENSI]:
[1] https://www.kominfo.go.id/content/detail/53673/hoaks-kpu-benarkan-bahwa-gibran-rakabuming-raka-beli-ijazah-palsu-di-australia/0/laporan_isu_hoaks
[2] https://radarsolo.jawapos.com/nasional/843309981/kpu-dan-kemendikbud-pastikan-ijazah-gibran-asli-memenuhi-syarat
[3] https://nasional.kompas.com/read/2023/12/01/10544671/prabowo-gibran-dicurigai-curang-tkn-kami-dirugikan-padahal-elektabilitas
[4] https://www.suara.com/news/2019/06/11/205643/hadapi-sidang-sengketa-pilpres-di-mk-tim-hukum-jokowi-siapkan
[5] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ijazah-gibran-dinyatakan-palsu