[SALAH] Ketua MK Ngaku Dibayar 500 M Oleh Gibran

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim Ketua MK ngaku dibayar 500 M Oleh Gibran adalah konten yang dimanipulasi. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706277867.245464/index.html

=====
[NARASI]: “GEMPAR SORE INI || KEBUSUKAN TERBONGKAR:bangbang:KETUA MK NGAKU DIBAYAR 500 M OLEH GIBRAN PUTRA JOKOWI”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube “Saluran Politik” pada 11 Januari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Ketua MK mengaku dibayar sebesar 500 M oleh Gibran. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Unggahan tersebut sama sekali tidak membahas sebagaimana klaim video, melainkan hanya membahas dugaan kebocoran data pemilih dalam situs kpu.go.id. Dan narasi dalam video diambil dari artikel milik antara news.com berjudul “Bareskrim menemukan dugaan kebocoran data pemilih di KPU” yang diupload 29 November 2023 lalu.

Setelah dilakukan penelusuran tidak ada bukti valid terkait pemberian uang 500 M oleh Gibran kepada Ketua MK. Dilansir dari kominfo.id berita serupa pernah bereda di media sosial. Kominfo telah mengumumkan bahwasannya berita Gibran melakukan suap sebesar 500 M terhadap Ketua MK adalah berita yang tidak benar dan tergolong dalam konten yang dimanipulasi.
==========
[REFERENSI]:
[1] https://www.kominfo.go.id/content/detail/53422/hoaks-presiden-joko-widodo-umumkan-gibran-rakabuming-raka-gagal-jadi-cawapres-dan-akui-suap-ketua-mk-rp500-miliar/0/laporan_isu_hoaks
[2] https://kl.antaranews.com/berita/21216/bareskrim-menemukan-dugaan-kebocoran-data-pemilih-di-kpu
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ketua-mk-ngaku-dibayar-500-m-oleh-gibran