[SALAH] Seluruh Warga Menolak Kampanye Politik Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim penolakan warga terhadap kampanye politik milik pasangan calon nomor 02 Prabowo-Gibran adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1705939075.579899/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:
“NEKAT MASUKI KANDANG ANIES :bangbang:SELURUH WARGA TOLAK KAMPANYE POLITIK GIBRAN DAN PRABOWO”

====

[PENJELASAN]:


Pada 15 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama Suara Rakyat (https://www.youtube.com/@suararakyat5895) mengunggah sebuah video dengan klaim mengenai pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran yang ditolak oleh masyarakat untuk melaksanakan kampanye politik di daerahnya. Menurut klaim, masyarakat menolak kampanye Prabowo-Gibran karena wilayah tersebut merupakan wilayah yang secara tegas mendukung pasangan calon nomor 01 Anies-Amien.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, narasi yang disampaikan di dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul video. Hal itu dikarenakan pengunggah justru membahas mengenai pertanyaan yang disampaikan oleh Gibran kepada Cak Imin mengenai SGIE pada acara debat wakil presiden yang dilaksanakan pada 22 Desember 2023 yang cukup menghebohkan masyarakat. Selain itu, narator juga menyampaikan terkait tanggapan Syaugi Alaydrus selaku Ketua Timnas Pemenangan AMIN untuk pemilu 2024 seperti yang disampaikan olehnya pada wawancara dengan detiknews.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan dalam konten tersebut juga tidak mendukung klaim yang disampaikan. Di dalam video berdurasi 8 menit tersebut pengunggah menggunakan potongan video milik KOMPASTV yang berisikan acara Halal Bihalal dengan Relawan Jokowi yang dilaksanakan pada 14 Mei 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ganjar Pranowo dan dilaknakan di Basket Hall Senayan, Jakarta.

Oleh sebab itu, video dengan dengan klaim penolakan warga terhadap kampanye politik milik pasangan calon nomor 02 Prabowo-Gibran adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1] https://news.detik.com/pemilu/d-7104845/timnas-amin-sayangkan-pertanyaan-singkatan-dari-gibran-harusnya-dihindari
[2] https://youtu.be/EHTo7Y1yuDc
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-seluruh-warga-menolak-kampanye-politik-prabowo-gibran