[SALAH]: “Akhirnya AHY deklarasi Anies sebagai calon tunggal di pilpres tahun 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa AHY deklarasi Anies sebagai calon tunggal di pilpres tahun 2024.
=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1705920140.91534/index.html

=====

[NARASI]:  Jakarta bergetar !! Akhirnya ahy deklarasi anies sebagai calon tunggal di pilpres tahun 2024

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “GARUDA POLITIK” pada tanggal 21 Januari 2024 membagikan video dengan narasi AHY deklarasi Anies sebagai calon tunggal di pilpres tahun 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail pada video tersebut identik dengan artikel milik tribunnews.com dengan judul artikel “Video: Anies Baswedan Tebar Janji Politik di Pangkep”, foto tersebut merupakan agenda l calon Presiden Anies Baswedan hadiri Jalan Sehat Restorasi di Lapangan Citra Mas Pangkep, pada Minggu (11/12/2022). Bukan berada di jakarta seperti narasi yang disampaikan.

Salah satu klip video identik dari unggahan milik kanal Youtube  KOMPASTV dengan judul video “AHY: 2019 Demokrat Bangkit sebagai Partai Pemenang”.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim tentang AHY deklarasi Anies sebagai calon tunggal di pilpres tahun 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://makassar.tribunnews.com/amp/2022/12/13/video-anies-baswedan-tebar-janji-politik-di-pangkep
https://youtu.be/r-z7fCxNeWE?si=INLulPWz5TgKxV4-
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-akhirnya-ahy-deklarasi-anies-sebagai-calon-tunggal-di-pilpres-tahun-2024