[SALAH] TANGIS PILU KLUARGA BESAR ISTANA.. GIBRAN DICOPOT DARI KK..SURVEI WOWO TERJUN BEBAS

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Gibran dicopot dari KK. Cover dan judul dari unggahan tersebut telah dimanipulasi. Isi narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut tidak sesuai. Narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut merupakan sebuah artikel berita dan potongan video dari akun youtube lain.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706236330.680492/youtu.be/i5VwwBCA_jc%40si%3DsbY1HNwhRZk6SyEP.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “TANGIS PILU KLUARGA BESAR ISTANA.. GIBRAN DICOPOT DARI KK..SURVEI WOWO TERJUN BEBAS”

============
[PENJELASAN]:
Akun  Politik MediaDotCom pada 25 Januari 2024 mengunggah video yang berjudul “TANGIS PILU KLUARGA BESAR ISTANA.. GIBRAN DICOPOT DARI KK..SURVEI WOWO TERJUN BEBAS”. Unggahan yang berdurasi 12 menit 13 detik itu tidak menyampaikan tentang Gibran dicoret dari KK. Narasi yang disampaikan pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan judul. Unggahan tersebut menyampaikan tentang survei para cawapres pada debat cawapres 22 Januari 2024. Unggahan tersebut juga menampilkan potongan video dari akun Kharisma 90. Potongan video tersebut adalah video tanggapan Denny Siregar tentang debat cawapres 22 Januari 2024.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari mediaindonesia.com yang berjudul “INDEF: Cak Imin Positif, Mahfud Berkelas, Gibran Banyak Gimik” dan artikel berita milik tvonenews.com yang berjudul “Survei Litbang Kompas Membuktikan: Mahfud MD Paling Memuaskan di Debat Pilpres Keempat”  yang terbit pada tanggal 22 Januari 2024. Kedua artikel tersbut membahas tentang survei debat cawapres pada tanggal 22 Januari 2024. Menurut hasil survei litbang KOMPAS, Mahfud MD mendapat nilai paling memuaskan daibandingkan kedua cawpres lain. Kemdudian bedasarkan INDEF, Cak imin mendapatkan nilai positif paling banyak sebesar 73,97%.

==========
[REFERENSI]:
– https://youtu.be/cY-kYQnjn0c?si=pIllNFqhXSTsxX9O
– https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/645878/indef-cak-imin-positif-mahfud-berkelas-gibran-banyak-gimik
– https://www.tvonenews.com/berita/nasional/182823-survei-litbang-kompas-membuktikan-mahfud-md-paling-memuaskan-di-debat-pilpres-keempat
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tangis-pilu-kluarga-besar-istana-gibran-dicopot-dari-kk-survei-wowo-terjun-bebas