[SALAH] Anies Berkata “Oksigen dan Hidrogen Nanti Dalam 1 Tahun Jadi Mangkok”

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video tersebut adalah potongan-potongan dari dua video yang berbeda, yang kemudian digabung menjadi satu video. Faktanya, pada video itu Anies berkata jika oksigen dan hidrogen bersenyawa jadi Air, bukan mangkok.

[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1705595289.462814/index.html

[NARASI]
“Anies Baswedan vs Erick Thohir part 3
Anies Berkata “Oksigen dan Hidrogen Nanti Dalam 1 Tahun Jadi Mangkok”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah sebuah video yang menampilkan Anies Baswedan dan Erick Thohir seolah-olah sedang berbincang dalam satu tempat. Ditampilkan pada video, jika perbincangan mereka membahas tentang senyawa. Narasi dalam video itu seperti berikut:

Anies : “Oksigen sama Hidrogen bersenyawa bikin apa?” Anies bertanya.
Erick: “pupuk” jawab Erick
Anies: “Terbukti tidak ?”
Erick: ” yes”
Anies: “No no no”
Erick: “kenapa?”
Anies: “Oksigen sama Hidrogen nanti dalam satu tahun jadi mangkok.”

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata video tersebut adalah hasil manipulasi. Diketahui bahwa kedua video asli Anies dan Erick adalah video YouTube Deddy Corbuzier, pada program Close the Door. Video Anies Baswedan, diunggah pada 24 November 2021 dengan judul video “BRO, BANJIR GIMANA!? BUZZER GIMANA!? ANIES BASWEDAN MENJAWAB – Deddy Corbuzier Podcast.” Sedangkan video Erick Thohir diunggah pada 1 Juni 2021 dengan judul video ” BRO MENTERI BISA JAWAB SAYA!? INI SAIK BGT !! – ERICK THOHIR – Deddy Corbuzier Podcast.”

Cuplikan video Anies berkata “Oksigen dan Hidrogen bersenyawa” terjadi pada menit 7:47- 7:53.  Anies berkata jika oksigen dan hidrogen bersenyawa jadi Air. Sedangkan Anies mengucapkan kata “mangkok” terjadi pada menit 18:41-18:50. Saat itu Anies bicara tentang sumur resapan di ITC Fatmawati yang bentuknya seperti mangkok sehingga disinyalir menjadi penyebab banjir.

Dengan demikian video TikTok yang menampilkan Anies berkata Oksigen dan hidrogen bersenyawa jadi mangkok adalah salah. Video tersebut dicuplik dari dua video yang berbeda kemudian dijadikan satu. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]
https://youtu.be/lVih1fcaxNc?si=sDYcKEeDpJBvJZP8
https://youtu.be/968XGaMxa5g?si=NJKIFwHmMF9ZiBDH
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-berkata-oksigen-dan-hidrogen-nanti-dalam-1-tahun-jadi-mangkok