[SALAH] Alasan Anies Baswedan Dicopot jadi Mendikbud Karena Korupsi 2,3 Triliun

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video yang ditampilkan tidak utuh. Faktanya, pencopotan Anies Baswedan dari jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan oleh Presiden Jokowi karena Anies dianggap tak melakukan gebrakan yang cepat selama menjabat.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1704296128.092935/index.html

[NARASI]
“KETAUAN DI COPOT KARNA INI DARI MENDIKBUD

jadi anda korupsi 2,3 triliun

PARAH AKUT”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok @raja.jaya4 mengunggah video yang menampilkan wawancara Anies Baswedan pada acara Kick Andy bersama presenter Andy F Noya. Video itu menunjukkan Andy berkata pada Anies “jadi anda korupsi 2,3 T itu yang membuat anda dicopot.” Sehingga menggiring opini jika Anies dicopot dari Kemendikbud karena korupsi 2,3 T. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan menyaksikan secara lengkap video program Kick Andy di YouTube MetroTV, yang berjudul “Keliru, Anies Dicopot Jadi Mendikbud Karena Gagalkan Penyimpangan Anggaran Tunjangan Guru #kickandy” ditemukan fakta bahwa ternyata potongan video di TikTok tersebut tidak utuh. Kalimat yang diucapkan Andy yang menyebut Anies korupsi terdapat pada menit ke 3:22 adalah sebuah pertanyaan bukan pernyataan. Sebelumnya Andy bertanya kepada Anies Baswedan tentang  tuduhan temuan pembayaran tunjangan profesi guru yang dinilai ganjil.

Dilansir dari tirto.id, Anies Baswedan di-reshuffle bersama 10 pos lain di Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Usai mengumumkan daftar menteri pengganti, Jokowi kala itu hanya menyatakan alasan di balik reshuffle adalah untuk meningkatkan kinerja pemerintah agar lebih cepat. 

“Saya selalu ingin maksimal bekerja lebih cepat, efektif, tim solid sehingga hasilnya nyata dalam waktu secepatnya, berdasarkan itu saya dan Wapres melakukan perombakan kabinet kedua,” kata Presiden Jokowi, pada 27 Juli 2016, dikutip dari Antaranews.

[REFERENSI]
https://youtu.be/42XzNpiDSLI?si=eQG68nkhERtSJ_8o

https://youtu.be/PiGJiHDPYY0?si=fRQ7aaeAp5CpLDG3

https://www.antaranews.com/berita/575277/presiden-semangat-perombakan-adalah-memberi-manfaat-nyata

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2058/keliru-anies-baswedan-dicopot-jadi-menteri-pendidikan-karena-menggagalkan-penyimpangan-anggaran-tunjangan-profesi-guru

https://tirto.id/kapan-anies-baswedan-jadi-mendikbud-dan-kenapa-dicopot-jokowi-gUoM

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-alasan-anies-baswedan-dicopot-jadi-mendikbud-karena-korupsi-23-triliun