[SALAH] Percakapan Telepon Anies Baswedan dengan Surya Paloh Bocor

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, percakapan yang beredar merupakan hasil rekayasa Artificial Intelligence (AI) berupa Voice Generator yang dapat didengar dari intonasi bicara dan jarak antarkalimat dalam pembicaraan. Selain itu, Partai NasDem melalui akun Instagram resminya membantah adanya rekaman tersebut, Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) juga membantah adanya kebocoran percakapan telepon antara Surya Paloh dengan Anies Baswedan.

==========================
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.

==========================
NARASI
Beredar sebuah video yang dibagikan oleh akun Tiktok @Ismetsoe https://vt.tiktok.com/ZSNoKaSUr/ (https://archive.ph/6mCed arsip) dan dibagikan ulang oleh @Ndin.Popay (https://archive.ph/IVkaM arsip). Video ini berisi visual yang direkayasa oleh Artificial Intelligence (AI) berupa Generated Media Sintetis dan voice generator.

Dalam video tersebut, terdengar percakapan antara dua orang yang diklaim sebagai Anies Baswedan dan Surya Paloh, berikut bunyi percakapan tersebut.

“Anis, surveimu itu selalu paling bawah, kita di Partai pusing semua. Koalisi juga kebingungan, gimana ini?” ujar suara yang diklaim sebagai Surya Paloh.

“Maaf Pak, saya sudah berusaha sekuat tenaga. Pas di debat juga saya mati-matian buat mengambil perhatian masyarakat,” ujar suara yang diklaim sebagai Anies.

“Ya tetep aja tapi datamu itu ngawur, bilang angin nggak punya KTP segala, saya yang malu haduh nies,”

“Itu saya berusaha kalem aja, Pak, buat ngeles”

“Kesalahan masa lalu kamu itu kebanyakan sih. Saya juga ngerasa dibohongin nih sama si mimin, di awal, dia janjiin banyak banget hal. Sampai maunya jadi ketua, tapi malah zonk”

“Pak kesalahan itu sudah saya tutup-tutupin. Kalau soal Cak Mimin, saua juga sebenernya capek, Pak.”

“Cobak minta mulutnya diem aja. Percuma saya angkat wakil kalau nggak ada gunanya. Makin kelihatan kan kerenannya Gibran”

“Oke, bakal saya sampein”

Unggahan @Ismetsoe mendapatkan reaksi sebanyak 7252 like, 14989 komentar, dan 2662 kali dibagikan. Sedangkan @Ndin.Popay (sebelum postingan dihapus) mendapatkan reaksi sebanyak 672 like, 61 komentar, dan 129 kali dibagikan.

Namun, audio yang bersumber dari @Ndin.Popay saat ditelusuri, telah dibagikan oleh beberapa akun, di antaranya seperti yang viral di berbagai Whatsapp Grup, yakni akun dengan nama @ANGGURMERAH (https://www.tiktok.com/@angurmerah41/video/7326605783875980550?_r=1&_t=8jGWheM4DFn&social_sharing=0) dengan 19,7 ribu kali dibagikan.

Di Whatsapp, video tersebut dibagikan dengan narasi sebagai berikut:

“Bocor sudah… Fokus pilih CaPres & CaWaPres yg pasti aman utk 5 tahun kedepan. Ingat masa depan RI ditangan kita semua. Sepertinya hp mereka SUDAH DI SADAP”

==========================
PENJELASAN:
Akun Tiktok dengan nama @Ismetsoe mengunggah sebuah video yang visualnya menampilkan sosok Anies Baswedan dan Surya Paloh yang direkayasa menggunakan teknologi AI berupa Generated Media Sintetis.

Dalam video tersebut, terdengar percakapan antara dua orang yang juga merupakan hasil rekayasa AI voice generator. Suara dalam percakapan itu diklaim merupakan percakapan antara Capres 01, Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai NaDem, Surya Paloh yang bocor.

Dalam percakapan itu, Surya Paloh terdengar sedang memarahi Anies karena survei elektabilitasnya paling bawah dan juga statement Anies tentang angin yang tidak punya KTP.

Unggahan ini telah viral di platform Tiktok pada 22 Januari 2024 dengan total lebih dari 30 ribu kali dibagikan dari beberapa postingan yang mengunggah ulang.

Setelah dilakukan pemeriksaan fakta, terdapat celah yang membuktikan bahwa percakapan tersebut betul direkayasa oleh AI. Yakni pada intonasi dalam percakapan dan jeda antarkalimat yang identik dengan suara yang dihasilkan oleh AI.

Partai Nasdem melalui akun Instagram resminya @official_nasdem menyatakan bahwa unggahan tersebut tidak benar.

“Waspada Hoax ya kakak-kakak semua.

Beredar video suara rekaman palsu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Capres 01 Anes Baswedan.

Sekali lagi, NasDem tegaskan itu tidak benar dan merupakan fitnah yang amat keji” tulis Partai Nasdem dalam unggahannya di Instagram.

Juru bicara (Jubir) Timnas Amin Ramli Rahim sebagaimana dikutip dari suara.com secara tegas menyebut rekaman Anies dimarahi Surya Paloh merupakan hoaks. Selain itu Jubir yang lain, Iwan Tarigan menilai rekaman suara tersebut tidak mirip dengan suara Anies maupun Surya Paloh.

“Suara pak Anies dan Pak Surya Paloh enggak begitu,” jelas Iwan.

Dengan demikian klaim yang menyebut bahwa rekaman suara yang beredar merupakan percakapan Capres 01 dengan Ketua Umum Partai NasDem yang bocor, tidak benar.

========================
REFERENSI:
(1) https://www.suara.com/kotaksuara/2024/01/22/162507/viral-rekaman-suara-surya-paloh-marahi-anies-timnas-amin-sangat-jelas-hoaks
(2) https://www.instagram.com/reel/C2Z_pZ0vaQo/?igsh=dThtemtrcjdxdHhx
(3) https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/nasional/20240123115353-617-1053176/nasdem-pastikan-viral-percakapan-surya-paloh-anies-baswedan-hoaks/amp