[SALAH] GELOMBANG MIGRASI PERUBAHAN DARI SEMUA PARTAI MENDUKUNG ANIS & MENINGGALKAN GERBONG PARTAINYA

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya video yang digunakan merupakan dokumentasi kegiatan Pawai Rimpu dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat ke-383 dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan pada Sabtu 29 Juli 2023 dengan lokasi start di SMAN 1 Woha dan finish di kantor Pemerintah Kabupaten Bima.

==========================
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.

==========================
NARASI;
Diunggah oleh akun Tiktok @tkipendukunganies https://vt.tiktok.com/ZSNoj3DUu/ (https://ghostarchive.org/archive/YYYdR arsip) dengan narasi “GELOMBANG MIGRASI PERUBAHAN DARI SEMUA PARTAI MENDUKUNG ANIS & MENINGGALKAN GERBONG PARTAINYA” pada 22 Agustus 2023 dan telah dibagikan sebanyak 141 kali.

Unggahan serupa juga ditemukan di akun Tiktok @wartawongcilik https://vt.tiktok.com/ZSNo27HCf/ (https://ghostarchive.org/archive/ETcSa arsip) dengan narasi “pendukung pak anies baswedan guys di bima ntb,” pada 21 Agustus 2023 dan telah dibagikan sebanyak 27 kali.

==========================
PENJELASAN:

Beredar sebuah video di platform Tiktok yang memperlihatkan kerumunan massa para perempuan beratribut warna-warni sedang melakukan long march. Video tersebut dinarasikan sebagai dukungan warga Kabupaten Bima terhadap Capres nomor urut 01, Anis Rasyid Baswedan.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video yang digunakan merupakan dokumentasi yang memperlihatkan antusiasme Perempuan-perempuan di Kabupaten Bima saat mengikuti Pawai Rimpu dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bima, NTB ke-383 dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Pawai ini dilaksanakan pada 29 Juli 2023 dengan lokasi start di SMAN 1 Woha dan finish di kantor Pemerintah Kabupaten Bima.

Selain itu, dilakukan penelusuran dengan keyword “Pawai Rimpu” di reels platform Instagram, ditemukan video identik yang diposting oleh akun dengan nama @mbojoinside pada 29 Juli 2023.

Pawai Rimpu di Kabupaten Bima ini diikuti oleh sebanyak 21.383 perempuan dan berhasil memecahkan rekor MURI dengan jumlah Perempuan yang mengenakan busana Rimpu mbojo (hijab lokal Bima) paling banyak.

Pawai Rimpu merupakan festival tahunan masyarakat Bima yang dilaksanakan untuk melestarikan kearifan lokal yakni berupa pakaian adat Rimpu. Rimpu merupakan sebutan untuk penutup kepala atau hijab lokal yang dikenakan Perempuan. Terdapat dua macam Rimpu, yakni Rimpu Colo bagi Perempuan yang telah menikah dengan ciri-ciri masih memperlihatkan wajah sebagaimana hijab biasa, dan Rimpu Cili bagi Perempuan yang belum menikah dengan ciri-ciri menutupi semua aurat termasuk bagian wajah kecuali mata (mirip dengan cadar).

Dengan demikian, klaim sebagaimana tertulis pada narasi tidak benar.

REFERENSI:
(1) https://www.instagram.com/reel/CvSG8oJJJFK/?igsh=ZnY5M24yd25maGdxhttps://www.instagram.com/reel/CvSG8oJJJFK/?igsh=ZnY5M24yd25maGdx
(2) https://mataram.antaranews.com/berita/289917/puluhan-ribu-perempuan-berbusana-rimpu-di-bima-pecahkan-rekor-muri
(3) https://ntbsatu.com/2023/07/31/pawai-rimpu-tembe-nggoli-kabupaten-bima-raih-rekor-muri-libatkan-21-383-perempuan.html