[SALAH] Presiden FIFA Ancam Bubarkan Piala Asia

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Gianni Infantino ancam akan bubarkan Piala Asia setelah ditemukan sejumlah kejanggalan pada turnamen merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1705920115.617844/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “OTAK MAFIA BOLA !! FIFA BUBARKAN PIALA ASIA DAN SANKSI AFC USAI KEJADIAN KECURANGAN OLEH WASIT, JADI TUNTUTAN SAYA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @freekicktimnas mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino, ancam akan bubarkan turnamen Piala Asia setelah ditemukan sejumlah kejanggalan dalam laga Indonesia vs Irak yang digelar pada 15 Januari 2024. Infantino yang menonton pertandingan secara langsung menyatakan keprihatinan dan kekecewaannya terhadap kredibilitas turnamen tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai ancaman pembubaran turnamen Piala Asia oleh FIFA seperti yang diklaim pada unggahan.

Diketahui bahwa laga Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Irak yang digelar pada 15 Januari 2024 berakhir dengan skor 1-3 untuk kemenangan Irak. Namun, kontroversi terjadi pada menit ke-45 ketika Osama Rashid mencetak gol. Rekaman menunjukkan bahwa salah satu pemain Irak, Mohanad Ali, berada dalam posisi offside sebelum gol terjadi. Sayangnya, setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut tetap disahkan.

Sumber: Detik Sulsel

Di sisi lain, pihak Timnas Indonesia telah melayangkan surat resmi ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait gol kontroversial tersebut. Melalui surat ini, Timnas Indonesia berharap bahwa ke depannya perangkat pertandingan dapat bersikap lebih tegas dan cermat dalam membuat keputusan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @freekicktimnas merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.detik.com/sulsel/sepakbola/d-7144516/indonesia-resmi-layangkan-protes-ke-afc-terkait-gol-kontroversi-irak

https://www.tribunnews.com/superskor/2024/01/16/pssi-layangkan-protes-keras-ke-afc-bahas-gol-kontroversi-irak

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-presiden-fifa-ancam-bubarkan-piala-asia