[SALAH] “Situasi eksplosif di Perancis, dukungan rakyat Prancis yang tak terbendung terhadap rakyat Gaza”

MENYESATKAN, memanfaatkan momen konflik Palestina – Israel. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Perancis dan Palestina, video yang dibagikan adalah rekaman kegiatan pendukung tim sepak bola Palmeiras di Stadion Allianz Parque yang terletak di Água Branca, São Paulo, Brazil.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, archive.today (arsip cadangan).

NARASI: “Situasi eksplosif di Perancis, dukungan rakyat Prancis yang tak terbendung terhadap rakyat Gaza.

Pengunjuk rasa yang marah turun ke jalan!”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video yang memanfaatkan momen konflik Palestina – Israel dengan menambahkan narasi yang SALAH yang menyebabkan kesimpulan MENYESATKAN. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Perancis dan Palestina, video yang dibagikan adalah rekaman kegiatan pendukung tim sepak bola Palmeiras di Stadion Allianz Parque yang terletak di Água Branca, São Paulo, Brazil.

Verifikasi Video

Salah satu sumber yang membagikan rekaman video yang identik dengan konteks yang BENAR, Olahraga Itatiaia di YouTube pada 6 Okt 2023: #ItatiaiaEsporte #Itatiaia #RadioItatiaia Penggemar Palmeiras mengadakan pesta terbesar beberapa jam sebelum duel tim melawan Boca Juniors untuk Copa Libertadores. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Sumber lainnya, Goleada da Zoeira pada 6 Okt 2023 di X/Twitter. [3]

ESPN: “Game Information
Allianz Parque
7:30 AM, October 6, 2023
Sao Paulo, Brazil” [4]

REFERENSI

[1] First Draft News: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) https://bit.ly/3wHx0lO / archive.today (arsip cadangan).

[2] YouTube: “FANS PALMEIRAS BERPESTA MENUJU ALLIANZ PARK UNTUK DUEL DENGAN BOCA JUNIORS” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[3] Twitter / archive.today (arsip cadangan).

[4] ESPN / archive.today (arsip cadangan).

[5] Cekhoaks.com