[SALAH] Polisi Los Angeles Menyerang Pendemo Pro-Palestina

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan seorang polisi yang menyerang pengunjuk rasa saat demo membela aborsi di Los Angeles 2022, bukan pendemo pro-Palestina.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/q6F6W

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Ini adalah #Los_Angeles! Kebrutalan polisi #menyerang seorang pengunjuk rasa pro-#Palestine”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Khaled56479679 (Khaled) mengunggah video yang menunjukkan seorang wanita diserang polisi saat berdemo. Khaled menklaim bahwa polisi menyerang seorang wanita pengunjuk rasa yang membela Palestina. Cuitan dan video yang diunggah pada 8 Januari 2024 tersebut telah disukai 305 kali, dikutip dan dibagikan ulang hampir 300 kali, serta telah dilihat lebih dari 32,000 kali.

Setelah melakukan penelusuran terhadap video tersebut, informasi tersebut menyesatkan. Versi lengkap video itu diunggah di akun YouTube KCAL News 1 tahun yang lalu dengan judul “Biden Attends Summit of the Americas, protester tackled by Secret Service”. Pada transcript video tersebut, terlihat pada detik ke 0:23 bahwa pendemo tersebut membela hak-hak wanita yang ada di kasus Roe v. Wade. Roe v. Wade adalah keputusan MA Amerika Serikat yang memutuskan bahwa Konstitusi AS secara umum melindungi hak untuk melakukan aborsi.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan @Khaled56479679 (Khaled) adalah konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-polisi-los-angeles-menyerang-pendemo-pro-palestina


https://www.youtube.com/watch?v=jQoz1GHHw88