[SALAH] Airlangga Hartarto Pindah Haluan, Gibran Terbukti Curang

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Airlangga Hartarto tak lagi mendukung Prabowo hingga terkuaknya bukti kecurangan Gibran adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.

====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1705445158.83457/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:

“GEGER PAGI INI !! AIRLANGGA RESMI PINDAH DUKUNGAN,BUKTI KECURANGAN KUALISI GIBRAN BENAR TERJADI”

====

[PENJELASAN]:

Pada 11 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama AKTUAL (https://www.youtube.com/@aktual2406) mengunggah sebuah video dengan klaim mengenai Airlangga Hartarto ketua umum Golkar secara resmi berpindah haluan dan tak lagi menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 2. Tak hanya itu, pengunggah pun mengklaim bahwa kecurangan yang dilakukan oleh Gibran selaku calon wakil presiden nomor 02 adalah benar adanya.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, apa yang disampaikan di dalam video tersebut tidaklah sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan video tersebut justru menyampaikan perihal Presiden Joko Widodo yang ikut mengomentari sesi debat calon presiden kedua pada 7 Januari 2024 lalu serta tanggapan para calon presiden nomor 1 dan 3 yang berharap Jokowi dapat menjaga netralitasannya. Narasi tersebut tentunya tidak selaras dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail yang membahas mengenai Airlangga yang secara resmi tak lagi menunjukkan dukungannya terhadap Prabowo-Gibran serta ditemukannya bukti kecurangan yang dilakukan oleh Gibran.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan dalam konten tersebut juga tidak mendukung klaim yang disampaikan. Contohnya saja pada menit ke 2:42 di mana pengunggah menggunakan potongan video Ganjar yang tengah berpidato yang mana video tersebut sebenarnya ialah video milik akun youtube KOMPASTV yang diunggah pada 10 Januari 2024 lalu mengenai pidato Ganjar di HUT ke-51 PDIP.

Oleh sebab itu, video dengan dengan klaim Airlangga Hartarto tak lagi mendukung Prabowo hingga terkuaknya bukti kecurangan Gibran adalah konten yang tidak benar

==========

[REFERENSI]

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-airlangga-hartarto-pindah-haluan-gibran-terbukti-curang