[SALAH] Presiden Joe Biden Menyatakan akan Mengirimkan Tentara US Berperang Melawan Rusia

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Di pidato Joe Biden yang dimaksud, beliau memberikan peringatan ke Rusia bahwa AS akan melakukan sesuatu jika Rusia memperluas serangan ke wilayah NATO yang bertetangga dengan Ukraina, bukan memaksa tentara US ikut berperang melawan Rusia.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/6zuZd

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Pemerintahan Biden secara terbuka mengancam warga AS terkait Ukraina. Dalam pengarahan rahasia di DPR kemarin, Menteri Pertahanan Lloyd Austin memberi tahu para anggotanya bahwa jika mereka tidak memberikan lebih banyak uang untuk Zelensky, “kami akan mengirim paman, sepupu, dan putra Anda untuk melawan Rusia.” Bayar oligarki atau kami akan membunuh anak-anak Anda.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @TuckerCarlson menulis cuitan bahwa Presiden Joe Biden secara terbuka mengancam warga AS untuk terjun ke medan perang membantu Ukraina jika pemerintah AS tidak memberikan bantuan lebih kepada Ukraina. @TuckerCarlson juga menambahkan bahwa Biden mengatakan akan “membunuh anak-anak Anda” di pidato beliau. Cuitan tersebut disertai dengan foto Presiden Zelenskyy berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin. Cuitan dan foto yang diunggah pada 8 Desember 2023 tersebut telah disukai 104,000 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 60,000 kali, serta telah dilihat 12,6 juta kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Konteks yang digunakan @TuckerCarlson merujuk pada permintaan Biden secara publik pada 19 Oktober 2023 untuk memberikan paket keamanan nasional sebesar US$106 miliar, yang akan mencakup US$61 miliar bantuan militer untuk Ukraina. Informasi ini salah satunya ditulis oleh  kanal berita RFI Perancis dengan judul “Biden requests $106 bn for Ukraine, Israel, border”.

Sementara itu, pidato yang dimaksud @TuckerCarlson dapat dilihat di dokumen tertulis versi lengkap pidato Biden yang diunggah di situs resmi White House pada 29 Desember 2023. Melansir dari dokumen tersebut, tertulis bahwa pemerintah akan memberikan pelatihan penting, peralatan, dan bantuan senjata yang diperukan untuk membantu Ukraina mempertahankan dan merebut kembali wilayah kedaulatannya dan melindungi rakyat Ukraina dari agresi Rusia”. Tidak disebutkan mengenai pengiriman pasukan AS di dokumen tersebut.

Selain itu, AFP Fact Check juga telah membahas informasi ini, dan menyatakan bahwa pada pertemuan Biden dan Zelenskyy setelah pidato tersebut, AS hanya akan membantu sesuai perjanjian dengan NATO, tidak disebutkan mengenai pemaksaan pengiriman tentara AS. Informasi yang terlampir di AFP Fact Check, setelelah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, berbunyi sebagai berikut:

“Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Washington pada 12 Desember, sekali lagi berjanji bahwa AS akan ‘terus memasok senjata dan peralatan penting kepada Ukraina selama kami bisa,’ tanpa menyebutkan pengerahan pasukan”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan @TuckerCarlson merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.rfi.fr/en/international-news/20231020-biden-requests-106-bln-package-including-ukraine-israel-funds


https://www.whitehouse.gov/briefing-room/statements-releases/2023/12/29/statement-from-president-joe-biden-on-russias-aerial-assault-on-ukraine/


https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.349K88P

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-presiden-joe-biden-menyatakan-akan-mengirimkan-tentara-us-berperang-melawan-rusia