[SALAH] Video Laut Merah yang Dibelah Nabi Musa

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut adalah tempat wisata di Pulau Dongshan di Cina.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/8YYLU

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Ini adalah tempat di Laut Merah, dimana Hazrat Musa menciptakan jalan bagi umatnya untuk melarikan diri dari tentara Firaun, Ramses II. Bagian ini muncul dua kali setahun dan kemudian menghilang”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @MzeeMtamu mengunggah video yang menunjukkan laut biru yang terbelah, yang kemudian diklaim diambil di Laut Merah yang pernah dibelah Hazrat Musa. Pengguna Twitter itu juga menambahkan bahwa bagian yang muncul di tengah laut itu hanya terlihat dua kali dalam setahun kemudian akan menghilang lagi. Cuitan dan video yang diunggah pada 10 Januari tersebut telah disukai hampir 2,000 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 500 kali, serta telah dilihat lebih dari 200,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis pertama kali diunggah di TikTok dengan Bahasa Cina pada 30 Oktober 2021 dengan penjelasan video, setelah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, berbunyi sebagai berikut:

“Maldives? Bukan, ini adalah gundukan pasir tulang ikan di Pulau Dongshan, Fujian. Bawa mereka ke Pulau Dongshan”.

Selain itu, video serupa juga diunggah di Facebook oleh akun resmi China Plus Culture pada November 2021 dengan judul video “Fishbone-shaped sandbank hooks tourists with ‘miracle’ lore”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan @MzeeMtamu merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.douyin.com/video/7024722177639370017


https://web.facebook.com/watch/?v=403298767955160

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-laut-merah-yang-dibelah-nabi-musa