[SALAH] VIDEO DETIK-DETIK AQUARIA PECAH

Hasil Periksa Fakt Gabriela Nauli

Faktanya, video tersebut diambil dari cuplikan video milik orang lain. Sampai saat ini, khususnya selama tahun 2023, tidak ada informasi yang menerangkan perihal pecahnya aquarium yang ada di Aquaria ataupun di oseanarium lainnya.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.fo/Z3q9w

=====
[NARASI]:

“detik¬≤ aquaria pecah”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Tiktok, video yang diklaim sebagai detik-detik pecahnya Aquaria karena ditabrak oleh ikan hiu yang ada di dalamnya. Video ini diunggah oleh akun bernama Syuhaimi Saad pada 7 Desember 2023, yang kemudian mengundang banyak reaksi dari masyarakat. Setelah 17 jam diunggah, video ini setidaknya telah memperoleh sebanyak lebih dari 2 ribu “likes” dan telah dibagikan sebanyak lebih dari 600 kali.

Namun, setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap kebenaran klaim video tersebut, ditemukan beberapa kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Pasalnya jika melihat dengan seksama, video ini tampak seperti telah diedit. Hal tersebut juga disampaikan oleh beberapa pengguna akun yang turut memberi komentar.

Dengan melakukan pemeriksaan menggunakan Google Search Image, cuplikan di dalam video milik Syuhaimi Saad ini tampak serupa dengan unggahan video yang terdapat di dalam akun Tiktok bernama Robert Tolppi, yang diunggah pada 4 November 2023 lalu. Dalam unggahannya, Robert Tolppi menambahkan keterangan yaitu, “Whale shark breaks glass at aquarium”. Artinya melalui unggahan ini, Robert Tolppi sebenarnya tidak menjelaskan secara pasti apakah pecahnya aquarium tersebut benar-benar terjadi secara nyata, ataupun mengenai dimana letak aquarium yang pecah tersebut.

Sebagai informasi, jika melakukan pencarian menggunakan kata kunci “Aquaria pecah” seperti yang terdapat di dalam video, maka setiap pembaca akan diarahkan pada berbagai informasi mengenai sebuah oseanarium yang terletak di bawah Kuala Lumpur Convention Centre bernama The Aquaria KLCC. Sampai saat ini, secara khusus selama tahun 2023, tidak ditemukan adanya informasi mengenai pecahnya aquarium yang ada di The Aquaria KLCC ataupun oseanarium lainnya. Adapun  yang dapat ditemui terkait The Aquaria adalah informasi mengenai pipa bawah tanah yang bocor di depan The Aquaria KLCC yang terjadi pada November 2019 lalu.

Jadi dapat disimpulkan, video dengan klaim yang berbunyi, “detik2 aquaria pecah” yang diunggah pada 7 Desember 2023 lalu, merupakan sebuah manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-detik-detik-aquaria-pecah

https://vm.tiktok.com/ZSNXmNhgP/

https://www.sinarharian.com.my/article/59036/edisi/selangor-kl/kl-sesak-teruk-gara-gara-paip-pecah

https://www.facebook.com/PerintisMassa/videos/2411603449112605/

https://vm.tiktok.com/ZSNX6s621/

Editor: Adi Syafitrah