[SALAH] MASYARAKAT ROHINGYA MENUNTUT HAK ATAS TANAH KEPADA MALAYSIA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, video demonstrasi yang beredar bukan video masyarakat Rohingya yang menuntut hak atas tanah, namun video tersebut merupakan aski protes yang dilakukan oleh masyarakat etnis Rohingya terkait kekerasan yang terjadi di negara bagian Rakhine, Myanmar Barat di luar Kedutaan Myanmar di Kuala Lumpur.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.fo/Fl7N5

=====
[NARASI]:

“Video Demo Rohingya meminta tanah, fakta unik Rohingya”

=====
[PENJELASAN]:

Berbagai kabar mengenai masyarakat pengungsi Rohingya terus beredar melalui media sosial. Salah satunya unggahan melalui media sosial Tiktok dari akun bernama Faktahub yang membagikan sebuah video tentang masyarakat pengungsi Rohingya yang berdemo meminta hak atas tanah kepada negara tetangga yaitu Malasyia. Di dalam video tersebut tampak adanya kerusuhan dan demonstrasi oleh masyarakat Rohingya yang turut juga dijaga oleh pihak kepolisian. Lalu apakah benar masyarakat Rohingya berdemo meminta hak atas tanah kepada negara Malaysia?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai informasi tersebut, didapati fakta yang menunjukkan adanya kekeliruan pada klaim yang disampaikan di dalam video yang beredar tersebut. Dengan melakukan pencocokan gambar dari potongan video tersebut menggunakan Google Search Image, ternyata didapati ulasan cek fakta dari media Tribun News dengan judul, “Heboh Video Rohingya Demo Minta Tanah di Malaysia Ternyata Begini Faktanya” yang diunggah pada 08 Desember 2023.

Melansir dari artikel tersebut, didapati informasi yang menyebutkan bahwa klaim tentang masyarakat Rohingya yang meminta hak atas tanah kepada Malaysia merupakan klaim yang keliru. Video masyarakat Rohingya yang berdemo ternyata bukan meminta hak atas tanah kepada Malaysia, namun merupakan protes yang dilakukan oleh masyarakat etnis Rohingya terkait kekerasan yang terjadi di negara bagian Rakhine, Myanmar Barat.

Sumber asli video tersebut berasal dari unggahan akun YouTube Kantor Berita AP Archive. Video berjudul β€˜’Rohingya Migrants in Malaysia Protest Violence in Myanmar’’ itu dimuat pada 5 September 2017 lalu. Dalam keterangan videonya, disebutkan bahwa sejumlah masyarakat etnis Muslim Rohingya yang tinggal di Malaysia, melakukan aksi unjuk rasa di luar kedutaan Myanmar di Kuala Lumpur pada Rabu 30 Desember 2017.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang beredar dan menyebutkan bahwa masyarakat Rohingya menuntut hak atas tanah kepada negara Malaysia merupakan klaim keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://aceh.tribunnews.com/2023/12/08/heboh-video-rohingya-demo-minta-tanah-di-malaysia-ternyata-begini-faktanya

https://vm.tiktok.com/ZSNps7PcU/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-masyarakat-rohingya-menuntut-hak-atas-tanah-kepada-malaysia

Editor: Adi Syafitrah