[SALAH]: “DITEMUKAN GUDANG IJAZAH PALSU MILIK GIBRAN”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa telah ditemukan gudang berisikan ijazah palsu milik Gibran.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1703661981.302595/index.html

=====

[NARASI]: SOLO GEMPAR! GUDANG PENYIMPANAN IJAZAH PALSU GIBRAN DITEMUKAN,BARANG BUKTI LANGSUNG DIAMANKAN POLISI

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube dengan nama pengguna BENTENG POLITIK mengunggah video dengan klaim bahwa telah ditemukan gudang berisikan ijazah palsu milik Gibran.
Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator pada video tersebut hanya membacakan artikel milik Gelora.co dengan judul artikel “Gibran Tunjukkan Ijazah Imbas Tudingan Palsu, Dokter Tifa Makin Heran Keterangan Riwayat Berubah”.

Salah satu klip video identik dari unggahan milik kanal Youtube MimbarTube dengan judul “MANTAP, DOKTER TIFA TEGASKAN SOAL IJAZAH GIBRAN, RAKYAT INDONESIA WAJIB TAU”.

Sementara itu, Gibran sudah menanggapi isu tentang ijazahnya, pada 20 November 2023 Gibran menunjukan dua dokumen kepada wartawan di Solo.

Di ijazah yang ditunjukkan Gibran tersebut menunjukkan ia menempuh kuliah di University of Bradford dan lulus pada 2010 lalu. Ijazah tersebut menunjukkan gelar Gibran sebagai B.Sc karena telah lulus dari second class honours second division in marketing.

Dengan demikian, klaim bahwa telah ditemukan gudang berisikan ijazah palsu milik Gibran adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.gelora.co/2023/11/gibran-tunjukkan-ijazah-imbas-tudingan.html
https://www.youtube.com/watch?v=XKx6azmD5Vc
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ditemukan-gudang-ijazah-palsu-milik-gibran
https://news.republika.co.id/berita/s4enyv377/bantah-jadi-sarjana-bodong-gibran-tunjukkan-ijazah-asli