[SALAH] “Anies Baswedan Dibaptis Pindah Agama”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, video tersebut merupakan kegiatan Anies Baswedan saat masih menjadi Gubernur Jakarta yang terlibat dalam peresmian sejumlah tempat ibadah.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.cob.web.id/archive/1703578415.363228/index.html

=====

[NARASI]: anies baswedan bapak polotik identitas indonesia, ditunggu responnya habib rizik dkk sampena pembaptisan yohanes anies baswedan

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “andriansupriono2” mengunggah video berdurasi 1 menit 18 detik dengan narasi bahwa Anies baswedan dibaptis pindah agama.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Faktanya, video tersebut merupakan kegiatan Anies Baswedan saat masih menjadi Gubernur Jakarta yang terlibat dalam peresmian sejumlah tempat ibadah.

Salah satu klip pada video yang memperlihatkan Anies Baswedan menerima sal yang dikalungkan di leher, merupakan video Anies Baswedan saat meresmikan pembangunan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Yordan Gading Griya Lestari di Cilincing, Jakarta Utara pada 3 September 2022.

Dengan demikian, klaim tentang Anies baswedan dibaptis pindah agama adalah salah dan amsuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2650/keliru-video-yang-diklaim-anies-baswedan-dibaptis-pindah-agama
https://www.youtube.com/watch?v=8tVKmbxIGIc
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-baswedan-dibaptis-pindah-agama
https://turnbackhoax.id/2023/10/21/salah-gambar-anies-menjadi-pendeta-dan-sedang-memberikan-siraman-rohani/