[SALAH] VIDEO PEMAKAMAN TENTARA ISRAEL, LETNAN AMICHAI YAAKOV

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, video tersebut bukan video pemakaman Amichai Yakov. Video tersebut merupakan video pemakaman salah satu tentara Israel yang tewas dalam baku tembak di perbatasan Israel-Mesir pada Juni 2023 lalu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.fo/7dAqK

=====
[NARASI]:

“Letnan Amichai Yaakov Dimakamkan. Ditunggu yang berikutnya”

=====
[PENJELASAN]:
Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Twitter, video pemakaman tentara yang diklaim sebagai video pemakaman dari seorang letnan Israel bernama Letnan Amichai Yaakov. Video yang diunggah oleh akun bernama @TSolihien ini, telah disaksikan sekitar 56 ribu kali sejak diunggah pada 11 Desember 2023 lalu. Namun, apakah benar video tersebut merupakan video pemakaman dari Letnan Amichai Yaakov?

Setelah melakukan penelusuran terhadap video yang beredar tersebut, didapati sebuah fakta yang menunjukkan bahwa klaim yang disampaikan oleh akun @TSolihien ini mengandung kekeliruan. Dengan menggunakan metode pencarian gambar melalui Google Search Image, didapati bahwa potongan-potangan gambar pada video yang diunggah di media sosial Twitter tersebut, tampak mirip dengan sebuah video yang diunggah oleh akun Youtube Kompas.com dengan judul, “Jerit Tangis dalam Pemakaman Tentara Israel Korban Baku Tembak di Perbatasan Mesir” pada 5 Juni 2023 lalu. Berdasarkan keterangannya, video yang diunggah oleh Kompas.com ini merupakan video pemakaman dari seorang tentara Israel yang tewas usai melalui baku tembak di selatan perbatasan Mesir dan Israel, dalam upaya menggagalkan penyelundupan narkoba pada 3 Juni 2023.

Selain itu, klaim perihal nama Letnan Amichai Yaakov, juga mengandung kekeliruan. Melansir dari artikel media haaretz.com, ejaan nama yang benar adalah Amichai Yakov, bukan Amichai Yaakov. Amichai Yakov diketahui merupakan salah satu korban meninggal dunia akibat perang yang terjadi antara Israel dengan Palestina yang masih berpangkat sersan, bukan letnan.

Jadi dapat disimpulkan, video yang diklaim sebagai video pemakaman dari tentara Israel, Letnan Amichai Yaakov, merupakan unggahan yang keliru dan termasuk dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-pemakaman-tentara-israel-letnan-amichai-yaakov

https://www.haaretz.com/israel-news/2023-10-08/ty-article/israels-dead-civilians-soldiers-emergency-services-personnel-killed-in-war-with-hamas/0000018b-0de8-dc5d-a39f-9fecb5a30000

Editor: Adi Syafitrah