[SALAH] MAHFUD MD PROMOSIKAN ANIES SAAT ACARA PENGAJIAN BERSAMA PDI-P

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait Mahfud MD promosikan Anies saat acara pengajian bersama PDI-P. Video dalam klaim tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi yang beredar.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1699987498.784635/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Ganjar & Megawati bingungMahfud MD promosikan Anies saat acara pengajian bersama pdip

NIKIN HEBOH MAHFUD PROMOSIKAN ANIES
GANJAR & PDIP SYOK MENDENGAR PIDATONYA

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Mahfud MD promosikan Anies Baswedan saat acara pengajian bersama PDI-P beredar dari channel youtube bernama NEGARA POLITIK pada 4 November 2023.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang menampilkan Ganjar dan Mahfud MD berpidato tersebut adalah foto ketika pasangan Ganjar dan Mahfud MD menyampaikan pidato di Tugu Proklamasi ketika akan mendaftar ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Foto aslinya dimuat pada atikel tempo.co berjudul “Usai Doa Bersama, Pendukung Ganjar-Mahfud Md Lantunkan Selawat Badar”.

Selanjutnya, cuplikan video yang menampilkan Mahfud MD sedang berpidato tersebut identik dengan potongan video yang diunggah oleh channel youtube resmi KOMPASTV berjudul “Doa Keselamatan untuk Bangsa Bersama Ganjar Pranowo dan Mahfud MD”.

Video tersebut merupakan momen ketika PDI Perjuangan menyelenggarakan doa keselamatan untuk bangsa yang sebentar lagi akan memasuki pesta Demokrasi Pemilu 2024, baik Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kumparan.com berjudul “Tokoh Madura: Mayoritas Ulama dan Rakyat Madura Mendukung Anies-Cak Imin” yang dimuat pada 14 September 2023.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang beredar dari channel youtube NEGARA POLITIK tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.tempo.co/read/1785908/usai-doa-bersama-pendukung-ganjar-mahfud-md-lantunkan-selawat-badar

https://kumparan.com/kumparannews/tokoh-madura-mayoritas-ulama-dan-rakyat-madura-mendukung-anies-cak-imin-21BfaQJxLK5