[SALAH] BALON UDARA BERGAMBAR GANJAR-MAHFUD BETERBANGAN DI MONAS

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Video tersebut merupakan hasil rekayasa. Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas memastikan tidak ada kegiatan penerbangan balon udara pada waktu tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten palsu

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700128242.919151/index.html (Instagram)

=======

[NARASI]:
Beredar video balon udara tadi malam terkait salah satu pasangan calon dan wakil presiden 2024 yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud Md yang terlihat mengelilingi Monumen Nasional atau Monas. Kalian juga sudah liat?

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video menampilkan balon udara bergambar pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD beterbangan di kawasan Tugu Monas dan Tugu Monas menampilkan tulisan “GANJAR”, “MAHFUD”, “2024” beredar dari salah satu akun instagram dengan nama pengguna mood.jakarta pada 15 November 2023.

Melansir kompas.com, Isa Sauri selaku Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas mengatakan bahwa video yang beredar di media sosial itu tidak benar dan tidak ada kegiatan penerbangan balon udara Ganjar-Mahfud di Monas pada waktu tersebut.

Isa juga menjelaskan bahwa Monas termasuk salah satu objek vital nasional. Karena itu, setiap penggunaan benda terbang termasuk drone atau balon udara memerlukan rekomendasi dari Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

Dengan demikian, video balon udara bergambar Ganjar-Mahfud beterbangan di Monas yang beredar di media sosial adalah hoax dan termasuk ke dalam kategori konten palsu.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/16/163100382/-hoaks-balon-udara-bergambar-ganjar-mahfud-di-monas-pada-14-november?page=all#google_vignette

https://megapolitan.kompas.com/read/2023/11/16/15095541/pengelola-bantah-ada-balon-udara-dan-video-mapping-ganjar-mahfud-di-monas