[SALAH] Kota Solo Remuk Total Akibat Angin Puting Beliung

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Kota Solo telah remuk total akibat angin puting beliung merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik Detik Jateng berjudul “Angin Kencang di Solo, Patung Wayang di Balai Kota Ambruk-2 Mal Terdampak”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1700196336.400492/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: BENCANA ALAM HARI INI ~ SOLO REMUK TOTAL… ANGIN TORNADI BELIUNG PORA PORANDAKAN SURAKARTA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube CCTV BENCANA (https://www.youtube.com/@bencanaalam294) mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa pada 16 November 2023, seluruh bagian di Kota Solo telah porak-poranda dan remuk total akibat diterjang angin puting beliung.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Detik Jateng berjudul “Angin Kencang di Solo, Patung Wayang di Balai Kota Ambruk-2 Mal Terdampak”.

Sumber: Detik Jateng

Dalam artikel tersebut diberitakan bahwa hujan disertai angin kencang telah terjadi di Solo pada 11 November 2023, bukan pada 16 November 2023 seperti yang tertulis pada judul unggahan. Selain itu, angin kencang tersebut berdampak pada ambruknya patung wayang orang di halaman Balai Kota Solo, tumbangnya 11 pohon, ambruknya sejumlah gerai, serta rusaknya sejumlah fasilitas di Solo Grand Mall dan Solo Paragon Mall.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube CCTV BENCANA merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.detik.com/jateng/berita/d-7031736/angin-kencang-di-solo-patung-wayang-di-balai-kota-ambruk-2-mal-terdampak