[SALAH] Sri Mulyani Blak-Blakan Sebut Arteria Dahlan Dalang Korupsi 300 T

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Sri Mulyani yang secara gambling menyebut Arteria Dahlan sebagai dalang dari Koripsi 3000 T di Kemenkeu adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1695722133.305965/index.html (youtube)

====
[NARASI]:
“GEGER SORE INI || SRI MULYANI BL4K-BL4KAN SEBUT ARTERIA DAHLAN OT∆K K4SU$ 300 T KEMENKEU”

====

[PENJELASAN]:
Pada 21 September 2023 sebuah channel youtube dengan nama Kabar News (https://www.youtube.com/@kabarnews672) mengunggah sebuah video dengan klaim mengenai Sri Mulyani Menteri Keuangan Indonesia menyebut Arteria Dahlan sebagai dalang di balik kasus korupsi Rp300 Triliun Kemenkeu.

Setelah disaksikan lebih lanjut, video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan narator video justru menyampaikan perihal RUU Perampasan Aset yang hingga kini masih belum disahkan. Selain itu, narator video pun hanya membahas terkait rapat yang dilakukan oleh Mahfud MD bersama komisi 3 DPR tanpa sedikitpun menyinggung terkait Sri Mulyani yang menyebut Arteria Dahlan sebagai otak kasus korupsi Rp300 T Kemenkeu. Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga tidak mendukung dari klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail sebab pengunggah menggunakan video milik Kompas.com yang berisikan Live Streaming Rapat Kerja Mahfud MD dengan Komisi III DPR RI terkait transaksi janggal Rp249 T pada 29 Maret 2023 lalu.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Sri Mulyani blak-blakan sebut Arteria Dahlan dalang korupsi Rp300 T adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/kAUjZW_AF3Q