[SALAH] RIDWAN KAMIL RESMI JADI CAWAPRES PRABOWO

 Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, nama Ridwan Kamil tidak pernah diusulkan untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Selain itu, cawapres dari Prabowo sendiri telah secara resmi diumumkan pada 23 Oktober 2023 lalu, yaitu Gibran Rakabuming Raka. 

Selengkapnya ada di penjelasan. 

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan 

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.vn/hkgOA

=====

[NARASI]:
“pasangan capres – cawapres paripurna 
INDONESIA JUARA 
H. PRABOWO SUBIANTO Calon Presiden 
HM. RIDWAN KAMIL Calon Wakil Presiden 
PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA 2024-2029” 

=====

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah gambar melalui media sosial Tiktok, yang menampilkan gambar dari dua politisi Indonesia, Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil. Melalui unggahan gambarnya, akun Tiktok bernama Ridwan Kamil mania menyebutkan bahwa Prabowo Subianto yang saat ini maju menjadi Calon Presiden pada Pemilu 2024 mendatang, telah secara resmi menggandeng Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya. Gambar yang diunggah pada 19 Oktober 2023 lalu, berhasil mengundang banyak perhatian dari pengguna media sosial Tiktok, yang dapat dilihat dari jumlah like dan komentar yang terdapat di dalamnya. 

Namun seperti yang telah diketahui, kabar mengenai calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto secara resmi telah diumumkan. Terdapat nama Gibran Rakabuming Raka, yang telah diusung dan disepakati oleh seluruh partai Koalisi Indonesia Maju, untuk menjadi pendamping Calon Presiden Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024 mendatang. Pengumuman ini dilakukan usai semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10) malam. 

Sebelumnya, kabar mengenai calon pendamping dari Capres Prabowo Subianto memang tengah menjadi sorotan. Pasalnya, terdapat beberapa nama yang disebut-sebut akan menjadi pendamping beliau pada Pilpres 2024 mendatang. Namun, untuk nama Ridwan Kamil, tidak termasuk ke dalam bursa nama calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. 

Melansir dari artikel Liputan6.com, terdapat empat nama yang digadang-gadang akan menjadi cawapres mendampingi Prabowo, keempat nama tersebut adalah Khofifah Indar Parawansa, Gibran Rakabuming Raka, Airlangga Hartarto dan Erick Thohir. Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, menjelaskan, partai sudah memiliki rencana sendiri untuk Ridwan Kamil. Golkar menyiapkan dua opsi yang akan dilakoni Ridwan Kamil, yakni maju sebagai cagub di Jawa Barat atau DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Doli menegaskan, belum ada perencanaan untuk menjadikan Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres dari bakal capres manapun.

Jadi dapat disimpulkan, kabar mengenai Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 merupakan kabar yang tidak berdasar dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading content. 

=====

[REFERENSI]:
https://katadata.co.id/lonaolavia/berita/6535226101612/prabowo-umumkan-gibran-jadi-cawapres-rabu-mendaftar-ke-kpu

https://www.liputan6.com/bisnis/read/5427565/4-kandidat-cawapres-prabowo-subianto-siapa-yang-mumpuni-selesaikan-masalah-ekonomi

https://news.republika.co.id/berita/s0tsnd377/golkar-ajukan-airlangga-jadi-cawapres-prabowo-bukan-ridwan-kamil

https://vm.tiktok.com/ZSNMu3exN/