[SALAH] RIDWAN KAMIL KERAHKAN SELURUH WARGA JABAR UNTUK MENDUKUNG ANIES BASWEDAN PADA PILPRES 2024

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, hal tersebut merupakan informasi yang keliru dan telah diverifikasi sebagai informasi yang tidak benar.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/qPEML

=====
[NARASI]:

“Setelah gak terpilih cawapresnya Prabowo,
….balik kanan siap memenangkan Anis Muhaimin👍👍👍”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar unggahan melalui media sosial Facebook, sebuah hasil tangkapan layar dari salah satu artikel yang dalam judulnya, menyebutkan bahwa Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengerahkan seluruh warga Jawa Barat untuk memenangkan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang. Akun bernama Syifa Zalfa ini, turut menyebutkan bahwa tindakan dari Ridwan Kamil ini didasari karena dirinya tidak dipilih menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo. Namun apakah benar Ridwan Kamil mengerahkan seluruh warga Jawa Barat untuk mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan informasi tersebut, didapati sebuah fakta yang menunjukkan bahwa klaim di dalam unggaham yang beredar ini merupakan informasi yang keliru. Melalui pencarian terhadap artikel yang terdapat di dalam unggahan, ditemukan bahwa artikel yang dimaksud berasal dari sebuah media online yaitu moots.suara.com.

Jika merujuk pada artikel aslinya, judul artikel yang terdapat di dalam unggahan tersebut telah dipotong, sehingga tidak memperlihatkan keseluruhan judul yang sebenarnya. Judul yang sebenarnya dari artikel tersebut adalah ” Ridwan Kamil Kerahkan Semua Warga Jabar untuk Menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Benarkah?”. Artikel ini ternyata merupakan artikel cek fakta tentang kabar Ridwan Kamil mengerahkan warga Jabar untuk mendukung Anies Baswedan. 

Sebelumnya, juga terdapat berbagai bentuk unggahan yang memuat informasi serupa yang beredar melalui media sosial. Namun informasi tersebut juga telah diverifikasi sebagai informasi yang tidak benar melalui hasil cek fakta, salah satunya seperti yang terdapat di dalam artikel turnbackhoax.id, yang berjudul, “[SALAH] Ridwan Kamil Kerahkan Semua Warga Jabar untuk Menangkan Anies di Pilpres 2024”, yang diunggah pada 8 Agustus 2023 lalu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyatakan bahwa Ridwan Kamil mengerahkan seluruh warga Jabar untuk mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang, merupakan informasi yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://moots.suara.com/read/2023/08/09/085846/ridwan-kamil-kerahkan-semua-warga-jabar-untuk-menangkan-anies-baswedan-di-pilpres-2024-benarkah

https://www.facebook.com/groups/1323296104519992/permalink/2372747869574805/