[SALAH] BREAKING NEWS.. GIBRAN ANAK JOKOWI DI SERANG, USAI POSTING FOTO ANIES BASWEDAN PAKAI BAJU ORANGE

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Gibran diserang usai mengunggah foto Anies Baswedan menggunakan baju orange. Cover dan judul pada unggahan tersebut telah dimanipulasi. Tidak ada pernyataan tentang penyerangan terhadap Gibran, namun unggahan tersebut membahas tentang Gibran yang mengunggah foto Anies menggunakan rompi orange di twitternya.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697708927.990951/youtu.be/GKXcih8HYms%40si%3Dpz1KFobpg-iOwq5N.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “BREAKING NEWS.. GIBRAN ANAK JOKOWI DI SERANG, USAI POSTING FOTO ANIES BASWEDAN PAKAI BAJU ORANGE”

============
[PENJELASAN]:
Akun Suara Politik pada 11 Oktober 2023 mengunggah video yang berjudul “BREAKING NEWS.. GIBRAN ANAK JOKOWI DI SERANG, USAI POSTING FOTO ANIES BASWEDAN PAKAI BAJU ORANGE”. Unggahan yang berdurasi 10 menit 8 detik itu tidak menyampaikan penyerangan terhadap Gibran. Unggahan tersebut menyampaikan berita tentang makna Gibran mengunggah foto tersebut di akun twitternya. Berita serupa pernah ada dan kemudian dibahas dalam artikel Turn Back Hoax yang berjudul “[SALAH] MOBIL GIBRAN DIHANCURKAN USAI POSTING FOTO ANIES PAKAI BAJU KPK” pada 15 Februari 2023.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari seword.com yang berjudul “Makna Dibalik Gibran Unggah Foto Anies di Selokan” pada 6 Januari 2023. Artikel tersebut berisi tentang makna foto Anies menggunakan rompi orange yang diunggah Gibran pada akun twitternya. Gibran menyatakan bahwa unggahan tersebut hanyalah sebuah candaan dan makna lainnya adalah Gibran bertujuan untuk mendinginkan suasana yang ada terjadi antara partainya dan partai Nasdem.

==========
[REFERENSI]:
– https://seword.com/politik/makna-dibalik-gibran-unggah-foto-anies-di-selokan-ilcThNdFhg
– https://turnbackhoax.id/2023/02/15/salah-mobil-gibran-dihancurkan-usai-posting-foto-anies-pakai-baju-kpk/
– https://twitter.com/gibran_tweet/status/1610588846030483459