[SALAH] JOKOWI PERINTAHKAN PARA PETINGGI PARTAI KELUAR DARI PDIP AKIBAT SALAH PILIH CAWAPRES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Judul, isi dan thumbnail video tidak sesuai. Narasi yang menyatakan Jokowi memerintahkan para petinggi partai untuk keluar dari PDIP akibat salah memilih cawapres adalah tidak benar.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697982670.277069/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
HEBOH !! JOKOWI PERINTAHKAN PARA PETINGGI PARTAI KELUAR DARI PDIP AKIBAT SALAH PILIH CAWAPRES

KESALAHAN MEGAWATI!!
PENGUNDURAN MASAL PDIP BERBONDONG”BAKAR JAZ MERAH

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan narasi Jokowi memerintahkan para petinggi partai untuk keluar dari PDIP akibat salah memilih cawapres beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 20 Oktober 2023.

Setelah ditelusuri, gambar thumbnail yang ditampilkan pada video tersebut merupakan hasil manipulasi. Selain itu, beberapa cuplikan yang ditampilkan dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan klaim narasi yang beredar.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari inews.id berjudul “Ribuan Buruh Maluku Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo,Kenali 5 Fakta Unik tentang Provinsi Maluku” yang diunggah pada 17 Oktober 2023.

Artikel tersebut membahas tentang dukungan yang terus mengalir untuk Calon Presiden Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 dari Perkumpulan Buruh Maluku yang tergabung dalam Relawan Buruh Sahabat Ganjar Maluku serta beberapa fakta unik tentang Provinsi Maluku.

Dengan demikian, klaim narasi yang disebarluaskan oleh channel youtube AKTUAL tidak terbukti dan termasuk ke dalam kontte yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.inews.id/news/nasional/ribuan-buruh-maluku-deklarasi-dukung-ganjar-pranowokenali-5-fakta-unik-tentang-provinsi-maluku