[SALAH] KADER PDIP DESAK MEGAWATI PECAT JOKOWI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim narasi yang beredar. Narasi yang menyatakan kader PDIP desak Megawati untuk memecat Jokowi adalah narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697983689.77454/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Anies full senyum hari ini koalisi istana bubar, kader PDIP desak Megawati pecat Jokowi hari ini

BREAKING NEWS….!!!
PDIP KUTUK KERAS JOKOWI
KADER PDIP DESAK MAK WATI PECAT JOKOWI HARI INI

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama NEGARA POLITIK membagikan sebuah video yang menampilkan thumbnail Jokowi dan Gibran seolah melangkah keluar dari gedung PDI Perjuangan dengan narasi yang menyatakan bahwa kader PDIP desak Megawati untuk memecat Jokowi.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait kader PDIP desak Megawati untuk memecat Jokowi. Video tersebut hanya berisi cuplikan wawancara Jokowi dan Gibran yang tidak mendukung klaim narasi.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel rmol.id berjudul “PDIP Tak Heran Jokowi Restui Gibran Cawapres Prabowo, Puan: Bapak Pasti Dukung Anak”.

Thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut identik dengan foto yang dimuat pada artikel laman pdiperjuangan-jatim.com berjudul “Pengamat: PDIP Tak Pernah Terkena Stigma Korupsi”. Dalam foto aslinya tidak menampilakan sosok Jokowi dan Gibran, sehingga dapat dipastikan bahwa thumbnail tersebut merupakan hasil rekayasa.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang beredar dari channel youtube NEGARA POLITIK tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://politik.rmol.id/read/2023/10/22/594201/pdip-tak-heran-jokowi-restui-gibran-cawapres-prabowo-puan-bapak-pasti-dukung-anak