[SALAH] BUPATI LUMAJANG AJAK SELURUH WARGANYA PILIH ANIES-MUHAIMIN DI PILPRES 2024

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait narasi yang beredar. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697982355.559546/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Mengejutkan bupati Lumajang ajak seluruh warganya pilih ANIES-MUHAIMIN di 2024

MENGEJUTKAN…!!!!
BUPATI LUMAJANG GERAK CEPAT
AJAK SELURUH WARGANYA PILIH ANIES-IMIN DI 2024

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama NEGARA POLITIK yang menampilkan gambar thumbnail panggung dengan baliho pasangan Anies-Muhaimin bernarasikan Bupati Lumajang ajak seluruh warganya untuk memilih pasangan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, dari awal hingga akhir, video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video yang sama sekali tidak mendukung klaim narasi yang beredar.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel cnnindonesia.com berjudul “Pakar Respons Peluang Anies-Cak Imin Menang 70 Persen di Jatim” yang diunggah pada 9 Oktober 2023.

Thumbnail yang menampilkan panggung dengan baliho Anies-Muhaimin identik dengan foto yang dimuat pada artikel kompas.com berjudul “Izin Dicabut, Konser Dangdut yang Digelar Wakil Ketua DPRD Tegal Terus Berjalan, Dihadiri Ribuan Orang”.

Foto aslinya tidak menampilkan baliho Anies-Muhaimin, sehingga dapat dipastikan thumbnail tersebut meruoakan hasil manipulasi dari foto ketika warga menyaksikan pentas dangdut di tengah pandemi yang digelar salah satu pejabat di Lapangan Tegal Selatan Kota Tegal, Rabu, 23 September 2020.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Bupati Lumajang ajak seluruh warganya untuk memilih pasangan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024 tidak terbukti dan termasuk ke dala konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231008172159-617-1008625/pakar-respons-peluang-anies-cak-imin-menang-70-persen-di-jatim

https://pemilu.kompas.com/read/2020/09/24/14200021/izin-dicabut-konser-dangdut-yang-digelar-wakil-ketua-dprd-tegal-terus