[SALAH] Terbukti Korupsi, Mahfud MD Gantikan Surya Paloh Sebagai Ketua NasDem

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada bukti dari pemberitaan kredibel yang membenarkan Surya Paloh terbukti korupsi hingga Mahfud MD menggantikannya sebagai Ketua Umum NasDem. Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel berita dari Suara.com terkait korupsi SYL dan pemanggilan elite NasDem oleh KPK. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/TlkHH

= = =

Narasi:

“G3MPAR SIANG INI — TERBUKTI K0RUP$I, MAHFUD MD RESMI GANTIKAN SURYA PALOH SEBAGAI KETUA NASDEM”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook yang mengklaim bahwa Surya Paloh korupsi hingga Mahfud MD menggantikannya sebagai ketua umum NasDem. Dalam thumbnail video tersebut menunjukkan Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin berjabat tangan dengan Mahfud MD.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya tidak ada pemberitaan kredibel yang membenarkan kabar Surya Paloh korupsi hingga Mahfud MD menggantikannya sebagai ketua umum NasDem. Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel berita dari Suara.com yang memberitakan pemanggilan elite NasDem soal dugaan aliran uang miliaran Rupiah ke partai dalam kasus korupsi mantan Menteri Pertanian.

Thubnail yang menunjukkan Mahfud MD berjabat tangan dengan Jokowi juga merupakan hasil suntingan, gambar tersebut adalah momen pada saat Jokowi dan Ma’ruf Amin bersama para pimpinan MPR menandatangani berita acara setelah pelantikan mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Dengan demikian, Mahfud MD gantikan Surya Paloh sebagai ketua NasDem karena terbukti korupsi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.suara.com/news/2023/10/16/145805/siap-siap-kpk-bakal-panggil-elite-nasdem-soal-dugaan-aliran-uang-miliaran-rupiah-ke-partai-di-kasus-syl

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/19/151500882/-hoaks-mahfud-md-gantikan-surya-paloh-sebagai-ketua-umum-nasdem?page=all#page2

= = =