[SALAH] Cincin Lancip Perusak Lembar Pungutan Suara Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya gambar tersebut telah lama beredar sejak mendekati Pilpres 2019, dilansir dari Kominfo.go.id bahwa pada 2019 tidak ditemukan bukti adanya cincin khusus yang berujung lancip atau tajam yang dapat merusak kotak suara. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/FYQfF

= = =

Narasi:

“PETUGAS KPPS YG PAKE CINCIN ADA LANCIPNYA MOHON RELAWAN MENGAWASI. ITU BISA  UNTUK MERUSAK SUARA… REZIM BERNIAT BERLAKU CURANG PEMILU 2024”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Twitter yang mengklaim bahwa petugas KPPS dipersiapkan untuk menggunakan cincin yang berujung lancip untuk merusak surat suara pada pemilu 2024. Dalam postingan tersebut juga menyertakan gambar yang menunjukkan banyak cincin lancip yang dipesan guna merusak surat suara.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya gambar tersebut adalah hoax lama sejak tahun politik pada Pilpres 2019 yang beredar kembali. Dilansir dari Kominfo.go.id bahwa pada 2019 tidak ditemukan bukti adanya cincin khusus yang berujung lancip atau tajam yang dapat merusak kotak suara maupun laporan masyarakat terkait cincin berujung tajam tersebut. Sehingga tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024 mendatang.

Meskipun demikian, cincin menjadi salah satu alat yang perlu diwaspadai dapat merusak kertas suara selain jam tangan dan kuku jari, mengingat Panwaslu pernah menemukan kecurangan pada Pemilukada DKI Jakarta 2012 dengan merobek kertas suara, mencoblos dengan kuku, dan menggunakan cincin.

Dengan demikian, cincin lancip perusak lembar pungutan suara pemilu 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/17834/disinformasi-cincin-perusak-surat-suara/0/laporan_isu_hoaks

https://news.detik.com/berita/d-1961053/waspadai-6-modus-kecurangan-ini-dalam-pilgub-dki/6

= = =