[SALAH] “Jokowi Gantikan Megawati Sebagai Ketum PDI-P”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Jokowi gantikan Megawati sebagai Ketum PDI-P.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1697884076.742982/index.html

=====

[NARASI]: J0k0wi Jadi Ketua Umum PD1P Gantikan M3gawati So3karnoputr1, Trah S0ekarno Mulai Luntur?

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Seputar Indonesia” unggahan video tersebut bernarasi bahwa Jokowi gantikan Megawati sebagai Ketum PDI-P.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail pada video tersebut identik dengan salah satu foto pada artikel milik Medcom.id dengan judul artikel “HUT PDIP, Megawati Serahkan Nasi Tumpeng kepada Jokowi dan Ma’ruf Amin”.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari harianhaluan.com  dengan judul artikel “Kakak Megawati Usulkan Jokowi jadi Ketua Umum, Begini Respon PDIP”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan  bahwa Jokowi gantikan Megawati sebagai Ketum PDI-P adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.medcom.id/foto/news/8KyzqJ6N-hut-pdip-megawati-serahkan-nasi-tumpeng-kepada-jokowi-dan-ma-ruf-amin
https://www.harianhaluan.com/news/1010388506/kakak-megawati-usulkan-jokowi-jadi-ketua-umum-begini-respon-pdip