[SALAH] “PKS kembali Dukung Prabowo Subianto Di Pilpres 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, saat ini PKS tetap memberi dukungan penuh untuk Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar untuk maju dipilpres 2024.

=====

[KATEGORI}: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1697785551.166632/index.html

=====

[NARASI]: Setrategi Apa iniā€”PKS Balik Arah Nyatakan Dukungan Ke Prabowo, Kabar Buruk Anies & Nasdem.

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Lesley Kerr” dengan narasi bahwa PKS putar arah dan kembali dukung Prabowo Subianto dipilpres 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com dengan judul artikel “Hati-hati NasDem dan Anies, Demokrat-PKS Bisa Tinggalkan Koalisi”.

Salah satu klip pada video identik dengan unggahan video oleh kanal Youtube milik KOMPASTV dengan judul video “PKS Ungkap 6 Kriteria Capres 2024, Jelaskan Alasan Buat Poros Baru”.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim bahwa PKS putar arah dan kembali dukung Prabowo Subianto adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221205102326-617-882870/hati-hati-nasdem-dan-anies-demokrat-pks-bisa-tinggalkan-koalisi
https://www.youtube.com/watch?v=v6eqhVVXYsI