[SALAH] Perdana Menteri Jepang Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Menyantap Hidangan Fukushima

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada pemberitaan valid terkait klaim tersebut, foto thumbnail yang digunakan dalam postingan tersebut adalah Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang setelah insiden penembakan terhadap dirinya. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Media Online

https://archive.ph/GmPJg

= = =

Narasi:

“Media Jepang memberitakan Fumio Kishida dilarikan ke rumah sakit tak lama setelah menyantap hidangan Fukushima, mungkinkah terjadi sesuatu yang serius? Kishida Wenxiong, ini adalah berita terbaik dan terbaik yang saya dengar hari ini, hahahahahahaha hiburan video Weibo dari Qingyan Rain CTJ”

Narasi pada Foto:

“Sulit membedakan mana yang benar dan yang salah! Media Jepang memberitakan Fumio Kishida dilarikan ke rumah sakit, diragukan keasliannya, mungkinkah ada kaitannya dengan radiasi nuklir?”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi dalam bahasa Mandarin dengan klaim bahwa Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, dilarikan ke rumah sakit setelah menyantap hidangan Fukushima, dalam unggahan tersebut juga menyematkan gambar thumbnaik yang terlihat seseorang diangkut seperti dilarikan ke rumah sakit. Diketahui Jepang membuang limbah nuklir ke lautan Fukushima pada Agustus 2023.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya tidak ada sumber valid yang memberitakan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, dilarikan ke rumah sakit. Foto yang digunakan dalam gambar thumbnail tersebut adalah Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang dilarikan ke rumah sakit setelah diturunkan dari helikopter pasca penembakan terhadap dirinya pada Juli 2022, foto tersebut sebelumnya sudah terpublikasi di Getty Images.

Dengan demikian, Perdana Menteri Jepang dilarikan ke rumah sakit setelah menyantap hidangan Fukushima adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.gettyimages.hk/detail/%E6%96%B0%E8%81%9E%E7%85%A7%E7%89%87/in-this-aerial-image-former-prime-minister-shinzo-abe-is-on-a-%E6%96%B0%E8%81%9E%E7%85%A7%E7%89%87/1407459057?adppopup=true

= = =