[SALAH] Video Warung Mbok Yem Terbakar

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video warung Mbok Yem terbakar tidak benar. Faktanya, bangunan yang terbakar di video bukan warung Mbok Yem hal tersebut berdasarkan penuturan Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan dan pengelola basecamp Gunung Lawu Eko Supardi.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1696303491.781347/index.html

= = = = =

NARASI:
“WARUNG MBOK YEM GUNUNG LAWU”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok amongwayang74 memposting video berdurasi 18 detik. Video tersebut memperlihatkan sisa bangunan yang terbakar. Dalam video terdapat keterangan bahwa bangunan tersebut adalah warung Mbok Yem yang ada di gunung Lawu.

Setelah ditelusuri, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Senin 2 Oktober 2023 menyatakan bangunan yang terbakar bukan milik Mbok Yem dan warung Mbok Yem tidak terbakar. Bangunan yang terbakar adalah warung yang ada di dekat warung Mbok Yem. Saat ini kondisi Mbok Yem dikabarkan sehat dan baik-baik saja. Sama seperti yang diungkapkan pengelola basecamp Gunung Lawu, Eko Supardi mengatakan bahwa yang terbakar bukan warung milik Mbok Yem.

Dengan demikian video warung Mbok Yem terbakar tidak benar. Bangunan yang terbakar di video bukan warung Mbok Yem hal tersebut berdasarkan penuturan Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan dan pengelola basecamp Gunung Lawu Eko Supardi, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://jatim.tribunnews.com/2023/10/03/bukan-warung-mbok-yem-di-puncak-gunung-lawu-yang-terbakar-polisi-kuak-fakta-asli-kondisipemilik