[SALAH] “Pemandangan mengerikan pagi ini. 3 wanita pingsan saat antri beli jam tangan pintar import jepang di AEON Mall BSD City”

BUKAN di AEON Mall BSD City. Foto orang-orang yang sedang antri merupakan hasil editan dari foto ketika pembukaan Toko Pandora di Aeon Mall Long Bien, Vietnam pada 28 April 2022. Selain itu, akun tersebut merupakan akun palsu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook ÆON Mall BSD City (fb.com/61551685567106) pada 25 September 2023 mengunggah beberapa foto dengan narasi:

“[TERKEJUT] Pemandangan mengerikan pagi ini. 3 wanita pingsan saat antri beli jam tangan pintar import jepang diskon 50% hanya Rb 199/1 buah (beli 1 gratis 1 seharga 399 Rb). Garansi asli 5 tahun. Pukul 9 pagi tadi di lobi utama, brand jam tangan pintar ternama Jepang Masahiro resmi membuka cabang pertamanya di Indonesia dengan berbagai promo menarik. Karena ini merupakan jam tangan yang sangat terkenal di Jepang dan dirancang oleh ahli jam tangan Kikuno Masahiro, langsung banyak dicari oleh masyarakat Indonesia dan terjual lebih dari 19.000 buah dalam waktu 24 jam. Jumlahnya gila! Namun pembelinya terlalu banyak, 3 wanita pingsan karena kekurangan oksigen dan segera dibawa ke UGD. Untuk mengatasi situasi tersebut, mereka harus menutup sementara toko di AEON Mall dan menjual 999 unit secara online dengan diskon 50%, beli 1 gratis 1 dan gratis ongkos kirim. Selain itu, pelanggan berhak untuk memeriksa barang sebelum pembayaran dan garansi asli 5 tahun.”

Selengkapnya di bit.ly/46BbHCX (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto orang-orang yang sedang yang mengantri yang diklaim sebagai orang-orang yang mengantri untuk membeli jam tangan pintar impor dari Jepang di AEON Mall BSD City merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, bukan di AEON Mall BSD City. Foto orang-orang yang sedang antri merupakan hasil editan dari foto ketika pembukaan Toko Pandora di Aeon Mall Long Bien, Vietnam pada 28 April 2022. Selain itu, akun tersebut merupakan akun palsu.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berjudul “Pandora tiếp tục khẳng định vị thế với cửa hàng thứ 15” (Terjemahan: Pandora terus menegaskan posisinya dengan toko ke-15) yang terbit di situs vnexpress.net pada 30 April 2022. Dilansir dari artikel ini, foto tersebut diberi keterangan antrean panjang masyarakat di acara pembukaan Pandora di lantai 1, Aeon Mall Long Bien.

Selain itu, akun tersebut merupakan akun palsu yang mengatasnamakan AEON Mall BSD City. Akun Facebook asli milik AEON Mall BSD City adalah AEON MALL BSD CITY (facebook.com/AEONMALLBSDCITY).

REFERENSI
https://vnexpress.net/pandora-tiep-tuc-khang-dinh-vi-the-voi-cua-hang-thu-15-4457217.html
https://www.facebook.com/AEONMALLBSDCITY
https://turnbackhoax.id/2023/07/03/salah-adegan-mengerikan-di-salah-satu-pusat-komersial-terbesar-di-jakarta-banyak-orang-pingsan-karena-antre-membeli-jam-tangan-pintar-impor-dari-jepang-ini/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo