[SALAH] “Adegan mengerikan di salah satu pusat komersial terbesar di Jakarta, Banyak orang pingsan karena antre membeli jam tangan pintar impor dari Jepang ini”

BUKAN di Jakarta. Foto orang-orang yang sedang antri merupakan hasil editan dari foto ketika pembukaan Toko Pandora di Aeon Mall Long Bien, Vietnam pada 28 April 2022. Selain itu, akun tersebut merupakan akun palsu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Maia Estianty (fb.com/Retinol00) pada 27 Juni 2023 mengunggah beberapa foto dengan narasi:

“OMG… Adegan mengerikan di salah satu pusat komersial terbesar di Jakarta … Banyak orang pingsan karena antre membeli jam tangan pintar impor dari Jepang ini.”

Selengkapnya di archive.ph/g2wTb (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto orang-orang yang sedang yang mengantri yang diklaim sebagai orang-orang yang mengantri untuk membeli jam tangan pintar impor dari jepang di salah satu pusat komersial terbesar di Jakarta merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, bukan di Jakarta. Foto orang-orang yang sedang antri merupakan hasil editan dari foto ketika pembukaan Toko Pandora di Aeon Mall Long Bien, Vietnam pada 28 April 2022. Selain itu, akun tersebut merupakan akun palsu.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berjudul “Pandora tiếp tục khẳng định vị thế với cửa hàng thứ 15” (Terjemahan: Pandora terus menegaskan posisinya dengan toko ke-15) yang terbit di situs vnexpress.net pada 30 April 2022.

Dilansir dari artikel ini, foto tersebut diberi keterangan antrean panjang masyarakat di acara pembukaan Pandora di lantai 1, Aeon Mall Long Bien.

Selain itu, akun tersebut merupakan akun palsu yang mengatasnamakan penyanyi Maia Estianty. Akun Facebook asli milik Maia Estianty adalah facebook.com/maiaestiantymussry. Akun Facebook yang asli ini tercantum di Linktree yang ada di bio akun Instagram terverifikasi milik Maia Estianty. Di akun asli tidak ada informasi terkait klaim bahwa dia merupakan distributor eksklusif jam tangan pintar di Indonesia.

REFERENSI
https://vnexpress.net/pandora-tiep-tuc-khang-dinh-vi-the-voi-cua-hang-thu-15-4457217.html
https://turnbackhoax.id/2023/04/14/salah-akun-facebook-maia-estianty-distributor-eksklusif-jam-tangan-pintar-di-indonesia/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo