[SALAH] Video Tabrakan Kendaraan Listrik Mengakibatkan Ledakan Besar

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video yang berasal dari tahun 2013 di Rusia tersebut adalah tabrakan antara truk pengangkut tabung gas dengan bus. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter dan Media Online

https://archive.is/1K1y3

https://ghostarchive.org/archive/EiOsf

= = =

Narasi:

“This is what happens when two electric vehicles collide?????? Get these things off the roads!!!”

“It’s Electric, When Two EVs Collide.”

Terjemahan:

“Ini yang terjadi jika dua kendaraan listrik bertabrakan?????? Singkirkan barang-barang ini dari jalanan!!!”

“Ini Listrik, Saat Dua Kendaraan Listrik Bertabrakan.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di media online yang menunjukkan dua kendaraan bertabrakan yang menimbulkan ledakan besar, video tersebut diklaim merupakan tabrakan antara dua kendaraan listrik. Tautan media online tersebut kemudian dibagikan ke Twitter yang menimbulkan reaksi penolakan terhadap kendaraan listrik.

Setelah ditelusuri kendaraan dalam video tersebut bukan kendaraan listrik. Faktanya video tersebut adalah tabrakan antara truk pengangkut tabung gas dan bus, hasil penelusuran ditemukan video tersebut sudah terpublikasi di YouTube sejak Juli 2013.

RIA Novosti, media asal Rusia, mengabarkan bahwa insiden tersebut terjadi di Jalan Lingkar Moskow, Rusia. Tabrakan antar bus dan truk pengangkut 199 tabung gas tersebut mengakibatkan ledakan yang besar.

Dengan demikian, video tabrakan kendaraan listrik mengakibatkan ledakan besar adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://ria.ru/20130713/949527894.html

===